Inilah Prestasi Dua Menteri Jokowi yang Dapat Pujian dari Menlu Arab Saudi

Selasa, 2 Juli 2019 06:28 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Inilah Prestasi Dua Menteri Jokowi yang Dapat Pujian dari Menlu Arab Saudi jokowi lantik 26 pejabat eselon baru. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Saat ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memboyong dua menteri wanita. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Tak disangka, ketika momen santai dua srikandi Jokowi mendapat pujian dari Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf. Kepada Jokowi, sang Menlu mengatakan beruntung mempunyai dua menteri perempuan terbaik dunia.

"Anda memiliki dua menteri perempuan terbaik di dunia, mereka sangat bersemangat," ujarnya dikutip dari Instagram Sekretariat Kabinet.

Seperti diketahui, Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi memiliki segudang prestasi baik dalam maupun luar negeri. Apa saja prestasi menteri Jokowi ini? Berikut rangkumannya:

1 dari 4 halaman

Sri Mulyani, Menkeu Terbaik Sedunia

Pada Februari 2018 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Uni Arab Emirates.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016. Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

Tak lupa Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya menjadi menteri pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

2 dari 4 halaman

Menkeu Terbaik Se Asia 2017 Versi FinanceAsia

Pada tahun 2017, Ani sapaan akrab Sri Mulyani juga berhasil menjadi Menteri Keuangan terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Ani dinilai berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari financeasia.com, Sri Mulyani dinilai mampu memperbaiki kondisi keuangan Indonesia yang menurun pada enam bulan pertama 2016. Sejak kembali duduk di kabinet pemerintahan, ia mampu mengurangi target defisit fiskal yang tadinya dikhawatirkan menembus angka 3 persen.

3 dari 4 halaman

Menlu Retno Raih Penghargaan dari PBB

Sama seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memiliki segudang prestasi di antaranya ialah meraih penghargaan Agen Perubahan untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women, di Markas PBB, New York, Amerika Serikat pada 2017 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan Asisten Sekretaris Jenderal PBB yang juga selaku Deputi Direktur Eksekutif UN Women Lakhsmi Puri pada acara jamuan makan siang yang dihadiri pemimpin dan tokoh perempuan dunia di sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat.

"Puji syukur alhamdulillah apa yang dilakukan oleh Indonesia selama ini di bidang diplomasi kemanusiaan dan perdamaian dilihat oleh dunia," kata Menlu Retno Marsudi.

4 dari 4 halaman

Dianugerahi Penghargaan Tertinggi dari Pemerintah Peru

Pada 23 Mei 2018 lalu, Menlu Retno melakukan kunjungan kerja ke Lima, Peru. Lawatan Menlu RI merupakan kunjungan bilateral resmi pertama Menlu Indonesia ke Peru sejak dibukanya hubungan diplomatik kedua negara pada 1975.

Dalam kunjungan tersebut, Menlu RI menerima penghargaan El Sol del Peru atau The Sun of Peru, dengan peringkat Grand Cross dari pemerintah Peru. Penghargaan itu diberikan kepada Menlu Retno LP Marsudi atas upayanya dalam memajukan hubungan dan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Peru, sejak Retno Marsudi menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri. [has]

Baca juga:
Penggabungan Batasan Produksi Rokok Dinilai Bisa Optimalkan Penerimaan Cukai
Menteri Sri Mulyani di KTT G20: Semua Negara Sepakat Perang Dagang Harus Berakhir
Menteri Sri Mulyani Sanksi Auditor Laporan Keuangan Garuda Indonesia
Mengintip Sisi Lain Aktivitas Para Menteri Jokowi
Presiden Jokowi Ngobrol Seru dengan Putri Cantik Trump, ini yang Dibicarakan
Presiden Jokowi Harap Pertemuan Trump dan Xi Jinping Hasilkan Terobosan Signifikan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini