Inilah Jatah Menteri Partai Pemenang Pemilu, dari Era SBY Sampai Jokowi

Jumat, 12 Juli 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah
Inilah Jatah Menteri Partai Pemenang Pemilu, dari Era SBY Sampai Jokowi SBY sambut Jokowi di Istana Merdeka. ©AFP PHOTO

Merdeka.com - Pembagian jatah menteri untuk partai koalisi selalu menjadi sorotan. Salah satunya jatah menteri untuk partai pemilik suara tertinggi atau pemenang pemilu. Partai Demokrat dan PDIP contohnya.

Partai Demokrat dan PDIP pernah sama-sama memenangkan Pileg dan mengantarkan calonnya menjadi presiden. Sebagai partai pengusung dan punya kursi terbanyak di Senayan, berapa jumlah kursi menteri yang didapat kedua partai tersebut. Rata-rata, PDIP dan Demokrat hanya mendapat jatah 3-4 kursi menteri.

Berikut sejarah perolehan kursi menteri Partai Demokrat dan PDIP sebagai partai pemenang pemilu dari era SBY sampai Jokowi:

1 dari 4 halaman

Menteri Dalam Negeri dan Menko PMK diisi PDIP

negeri dan menko pmk diisi pdip

Saat pemerintahan Presiden Jokowi 2014-2019, kader PDIP mendapat posisi sebagai Menteri Dalam Negeri yang diisi oleh Tjahjo Kumolo. Sebelum menjadi Mendagri, Tjahjo pernah menjadi anggota DPR periode 2009-2014 dari Fraksi PDIP.

Kemudian Tjahjo ditunjuk sebagai sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP. Kemudian Tjahjo mengundurkan diri dari posisi Sekjen, karena diangkat menjadi Mendagri oleh Presiden Jokowi waktu itu.

Kader PDIP juga menduduki kursi Menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Indonesia Puan Maharani. Puan pernah menjabat Ketua Fraksi PDIP di DPR RI periode 2009-2014.

2 dari 4 halaman

Menteri Hukum dan HAM

dan ham

Kemudian PDIP juga mendapat posisi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diisi oleh Yasonna Laoly, Sebelumnya Yasonna duduk sebagai anggota DPR Fraksi PDIP di Komisi II pada periode 2004 2009.

Era Presiden SBY, Demokrat sebagai partai pemenang pemilu 2009 kala itu juga mendapat posisi Menkum HAM yang diisi oleh politikus senior Demokrat Amir Syamsuddin saat Kabinet Indonesia Bersatu II menggantikan Patrialis Akbar. Saat ini, Amir Syamsuddin menjadi Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat.

3 dari 4 halaman

Menteri ESDM Sampai Menteri Olahraga

sampai menteri olahraga

Presiden SBY berhasil menjadi Presiden untuk dua periode yakni, periode 2004-2009 dan 2009-2014. Sedangkan Demokrat saat itu menjadi pemenang pemilu saat Pileg 2009. Kader Demokrat sendiri mengisi beberapa pos-pos menteri selama SBY menjadi presiden dua periode.

Posisi Menteri Kebudayaan dan Periwisata oleh Jero Wacik. Bukan hanya itu, Jero kembali menjadi menteri Energi Sumber dan Sumber Daya Mineral dalam Kabinet Indonesia Bersatu II. Jero juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat.

Kemudian Menteri Perhubungan juga pernah diisi kader Demokrat oleh EE Mangindaan. Ada juga Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara diisi oleh Taufik Effedi. Sebelumnya Taufik pernah menjadi anggota DPR 2009-2014 Fraksi Demokrat.

Menteri Pemuda dan Olahraga juga menjadi jatah Demokrat yang diisi oleh Andi Mallarangeng, kemudian posisi Andi digantikan oleh Roy Suryo.

4 dari 4 halaman

Menteri Koperasi dan UKM

dan ukm

Sementara itu PDIP mendapat posisi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah oleh Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Dia pernah menjadi Wali Kota Denpasar untuk periode 2000-2005 dan 2005-2008, dan Wakil Gubernur Bali periode 2008-2013.

Posisi Menteri Koperasi dan UKM juga pernah diisi oleh kader Demokrat di era Presiden SBY, yakni diisi oleh Syarief Hasan saat Kabinet Indonesia Bersatu II. Saat ini Syarief menjadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.

Lalu bagaimana periode kedua pemerintahan Jokowi? Berapa jumlah menteri yang akan didapat PDIP sebagai partai pemenang pemilu?

[has]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini