Ini kata KPU jika 7 daerah tetap diisi calon tunggal

Jumat, 7 Agustus 2015 13:00 Reporter : Marselinus Gual
Ini kata KPU jika 7 daerah tetap diisi calon tunggal Ilustrasi calon tunggal. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang masa pendaftaran 9-11 Agustus bagi 7 daerah yang hanya memiliki calon tunggal agar dapat mengikuti Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

Menurut Komisioner KPU Ida Budhiarti, jika dari waktu yang telah dikeluarkan oleh KPU masih ada yang tidak mencalonkan diri, maka dipastikan daerah terebut akan mengalami penundaan pilkada pada tahapan berikutnya.

"Apabila sampai batas akhir pendaftaran 11 Agustus tidak tercapai sekurang-kurangnya dua calon atau tetap saja calon tunggal, maka sesuai ketentuan UU dan PKPU, kami akan melakukan penundaan seminggu tahapan di daerah tersebut untuk melakukan tahapan pilkada pada tahap berikutnya," terang Ida di gedung KPU, Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (7/8).

Terkait apakah waktu yang kembali diberikan oleh KPU ini memadai, Ida menegaskan, pada dasarnya proses pilkada sudah diumumkan jauh-jauh hari dan tentu saja pembukaan kembali pendaftaran 9-11 Agustus adalah waktu yang cukup memadai.

"Persoalan apakah waktu (perpanjangan) ini memadai, dalam pandangan kami cukup memadai. Karena sejatinya parpol sudah mempunyai cukup waktu dan bahkan sebelum pendaftaran sudah kami sosialisasikan bagaimana mekanisme dan proses pendaftaran," papar dia.

Namun demikian, Ida mengaku, KPU tetap optimis pelaksanaan pilkada serentak tetap berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU. Kata dia, optimisme KPU mesti didukung oleh semua pihak agar apa yang direncanakan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

"Kami optimis pilkada serentak dilaksanakan sesuai waktu. Tentu saja optimisme penyelenggara pemilu tidak akan bermakna apabila tidak didukung oleh semua pihak yang menyokong Pilkada 9 Desember nanti," pungkas dia. [ren]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini