KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Ini 12 tim yang sukses masuk babak final lomba aplikasi pilkada

Minggu, 8 November 2015 17:19 Reporter : Intan Umbari Prihatin
aplikasi pilkada serentak. ©2015 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengadakan kompetisi pembuatan aplikasi pendukung Pilkada. Kegiatan ini, bertajuk 'Pilkada Serentak Apps Challange Code for Vote 4.0' yang memasuki babak final.

Awalnya terdapat 102 peserta yang terdiri dari 42 tim yang sudah dipilih menuju babak semifinal. Dari 42 tim setelah pematangan aplikasi dari pukul 12.00 wib hingga 16.38 wib terdapat 12 tim yang dipilih untuk masuk menuju final.

Dari 42 tim tersebut terdapat 3 kategori khusus yaitu female, Disability dan Digitalisasi Scan C1.

Menurut salah satu juri dari Data Science Indonesia, Adhiprakoso mengatakan, dari 12 tim yang pilih akan disaring kembali hari ini untuk dipilih yang terbaik sesuai kategori.

"Jadi setelah penjurian 12 tim ini kita akan saring kembali menuju juara 1, 2 dan 3 dengan beberapa kategori," ucapnya ketika ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Minggu,(8/11).

Dia juga menuturkan, kriteria yang akan dipilih untuk para pemenang adalah aplikasi yang bisa digunakan sampai kedepannya.

"Kita tidak mau aplikasi yang menang ini menjadi aplikasi cuma dikenang saja, tapi bisa digunakan sampai kedepannya," tandasnya.

Dari pantauan merdeka.com, ke-12 besar tim yang lolos menuju final sedang melakukan presentasi aplikasi kepada juri selama 3 menit. Kemudian, terdapat juri yang menilai para peserta yaitu dari KPU, Hadar Nafis Gumay dan Ferry Kurnia Rizkiyansah, Perludem oleh Lia Wulandari dan Didik Supriyanto, Pengamat Pemilu oleh Harun Husein, PPUA Penca oleh Ariani Soekanwo, Selasar.com oleh Muhammad Isa, Solidaritas Perempuan oleh Dinda Nissaa dan data sains Indonesia, oleh Adhiprakoso.

Pilkada Serentak Apps Challenge ini merupakan perlombaan aplikasi hasil kerjasama KPU RI dan Perludem.

Inilah dua belas tim yang lolos dalam lomba aplikasi pilkada Apps Chllenge Code For Vote 4.0:

1. Janjimu
2. Kotak surat
3. Blind information
4. Pemilu akses
5. Informasi pilkada
6. Pilkada Nesia
7. Pilkada pintar
8. Pantauan pilkada
9. Sips
10. M2M
11. Awas TPS
12. Smart Pilkada [rnd]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.