Incar Ketua MPR, Fadel Muhammad Lobi Partai Koalisi Jokowi

Kamis, 3 Oktober 2019 12:48 Reporter : Ahda Bayhaqi
Incar Ketua MPR, Fadel Muhammad Lobi Partai Koalisi Jokowi fadel muhammad. ©2018 Merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Anggota Fraksi DPD Fadel Muhammad mengaku telah melakukan lobi-lobi dengan fraksi partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo. Fadel telah menemui PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, PPP.

Fadel mengincar kursi Ketua MPR. Dia ditunjuk sebagai perwakilan DPD di kursi pimpinan MPR. Dia mendapatkan suara terbanyak dalam voting di rapat paripurna DPD.

"Kita sudah bicarakan dengan Partai Golkar, kita bicara Golkar dan PDIP dan NasDem, kemudian kelompok PKB ini satu full," kata Fadel di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

Sementara, Fadel baru akan melobi Partai Gerindra siang ini. Dia mengaku sudah membuat janji dengan partai di luar koalisi Jokowi.

"Yang di sana kelompok berikutnya Gerindra, sudah janjian siang ini mau ketemu mereka untuk membicarakan bagaimana posisi yang ada," kata dia.

DPD belum menentukan sikap apakah akan mendukung Ahmad Muzani dari Gerindra atau Bambang Soesatyo dari Golkar.

"Kami belum tentukan pilihan. Habis ini baru kita menentukan, dan dilaporkan ke pimpinan DPD," ujar Sekretaris Fraksi DPD Abraham Liyanto.

DPD berkukuh mencalonkan Fadel Muhammad sebagai pimpinan sekaligus ketua MPR. Itu berdasarkan keputusan 136 anggota DPD.

DPD akan mendengar tawaran apa yang disampaikan oleh fraksi lain. Abraham mengatakan, fraksi DPD sepakat untuk musyawarah mufakat.

"Kami semua 136 anggota menginginkan Pak Fadel sebagai ketua MPR. Karena itu kita masih dengar lagi, tadi ada dari unsur fraksi lain mengusulkan, nah bargainingnya apa? Kalau sepakat maka paripurna jam 7 malam nanti kita akan satu suara. Jadi musyawarah mufakat," ujar Abraham. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini