Ikut pilkada serentak, enam kepala daerah di Sumut ajukan cuti

Jumat, 2 Februari 2018 12:06 Reporter : Yan Muhardiansyah
Ikut pilkada serentak, enam kepala daerah di Sumut ajukan cuti Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Enam kepala daerah di Sumatera Utara (Sumut) telah mengajukan cuti. Mereka mengambil langkah itu untuk dapat bertarung pada pilkada serentak 2018.

Berdasarkan informasi dihimpun enam kepala daerah yang sudah mengajukan cuti yakni: Ashari Tambunan, Bupati Deli Serdang; Nikson Nababan, Bupati Taput; RM Harry Nugroho, Plt Bupati Batu Bara; Sulistiyanto, Wakil Bupati Langkat; Ali Sutan Harahap, Bupati Padang Lawas; Ahmad Zarnawi Pasaribu, Wakil Bupati Padang Lawas; dan Jopinus Ramli (JR) Saragih, Bupati Simalungun. Lima di antara nama-nama itu masih bertarung di daerahnya. Hanya JR Saragih yang 'naik kelas' menjadi bakal calon gubernur Sumut.

Surat pengajuan cuti keenam kepala daerah itu sudah sampai di tangan Pemprov Sumut. "Sudah masuk ke kita. Kita sudah minta agar pengajuan cuti mereka harus sudah masuk sebelum masuk masa kampanye supaya bisa cepat memprosesnya," ujar Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprov Sumut, Basarin Tanjung, Jumat (2/2).

Pengajuan cuti ini diatur dalam Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pads pasal 70 disebutkan bahwa gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus menjalani cuti di luar tanggungan negara dan dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya. Izin cuti bagi bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali mlta diberikan gubernur atas nama menteri.

"Kemudian cuti yang telah diberikan gubernur, wajib diberitahukan kepada KPU kabupaten/kota," jelas Basarin.

Saat ini, Pemprov Sumut tengah mencari dan segera menetapkan pelaksana tugas (Plt) atau penjabat (Pj) yang akan menggantikan kepala daerah yang akan cuti. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pilkada Serentak
  3. KPU
  4. Medan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini