Ikut Pilkada, Lima Kepala Daerah di Sumbar Cuti di Luar Tanggungan Negara

Jumat, 25 September 2020 13:00 Reporter : Ikhwan
Ikut Pilkada, Lima Kepala Daerah di Sumbar Cuti di Luar Tanggungan Negara KPU Sumbar Tetapkan Nomor Urut Empat Calon Gubernur Sumbar. ©2020 Merdeka.com/ikhwan

Merdeka.com - Lima orang Calon Kepala Daerah (Cakada) yang maju dalam Pilgub Sumbar 2020 akan menjalani cuti di luar tanggungan negara. Ada lima dari empat pasangan calon (paslon) yang maju saat ini masih menjadi kepala daerah aktif.

Kelima calon itu adalah Nasrul Abit (Wakil Gubernur Sumbar), Indra Catri (Bupati Agam), Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman), Mahyeldi Ansarullah (Walikota Padang) dan Genius Umar (Walikota Pariaman).

Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen menyebutkan, sesuai aturan PKPU RI, kepala daerah yang telah ditetapkan sebagai paslon berkewajiban untuk menyerahkan surat izin cuti kampanye.

"Seluruh pasangan calon, kalau dia adalah yang menjabat sebelumnya, jabat bupati, menjabat wakil gubernur, menjabat wali kota menyerahkan surat izin cuti kampanye," kata Surya di Padang kepada Merdeka.com, Jumat (25/9).

Surya mengatakan, cuti kampanye akan berlangsung selama 71 hari. Dimulai pada 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020, atau H-4 pemungutan suara Pilkada 2020.

"Cuti di luar tanggungan negara untuk yang berstatus kepala daerah aktif. Untuk wakil gubernur surat cutinya dikeluarkan oleh Mendagri, sedangkan untuk calon dari bupati dan wali kota dikeluarkan oleh gubernur," kata Surya.

Sementara itu, Nasrul Abit mengakui, jika dirinya telah mengurus izin cuti kampanye tersebut ke Mendagri. Nasrul mengatakan terhitung 26 September 2020, ia tak lagi menggunakan fasilitas sebagai seorang Wakil Gubernur.

"Sabtu pagi (26 September 2020), saya akan serahkan seluruh aset-aset yang saya pegang, seperti mobil, rumah dinas dan lain-lain. Saya tinggal (terima) hanya gaji, yang lain tidak bisa lagi, sesuai dengan aturan," kata Nasrul di Padang.

Selain lima kepala daerah tersebut, Mulyadi yang juga Anggota DPR RI dari Demokrat juga telah mengajukan surat pengunduran dirinya.

Kemudian hal yang sama juga dilakukan Fakhrizal, mantan Kapolda Sumbar yang menjabat sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Shabara Baharkam Mabes Polri.

Fakhrizal sendiri dikabarkan sudah mengajukan surat pengunduran diri dari kepolisian saat pendaftaran. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pilgub Sumbar
  3. Padang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini