Hoaks Bertebaran, Ma'ruf Ingatkan 'Teliti Dulu, Jangan Langsung Disebar'

Kamis, 7 Februari 2019 15:08 Reporter : Merdeka
Hoaks Bertebaran, Ma'ruf Ingatkan 'Teliti Dulu, Jangan Langsung Disebar' Ma'ruf Amin di GOR M. Yamin Sumbar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Calon wakil presiden nomor urut 02, Ma'ruf Amin menitipkan pesan agar masyarakat selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Pesan ini disampaikan, saat memberikan Tabligh di depan jemaah Thariqat di Payakumbuh, Sumatera Barat. Ma'ruf membela Jokowi yang selalu diserang isu hoaks atau berita bohong di media sosial.

"Banyak sekarang bohong di mana-mana. Apalagi melalui medsos. Pak Jokowi dibilang PKI. PKI dari mana? Anti-ulama bagaimana? Wong saya ini jadi wakilnya. Saya kiai, saya disebut ulama. Saya diangkat sebagai wakil. Berarti Pak Jokowi suka ulama," ucap Ma'ruf di Gelanggang Olahraga Serbaguna M. Yamin, Payakumbuh, Sumbar, Kamis (7/2).

Dia mengimbau para jemaah agar lebih teliti dalam menggunakan media sosial. Seperti saat membagikan tautan melalui aplikasi WhatsApp, Facebook, maupun Twitter.

"Jangan mau dibohongi, jangan mau dihoaksin. Kalau ada berita di medsos teliti dulu, jangan langsung di-share," kata Ma'ruf.

Ma'ruf Amin menuturkan, ikut menyebarkan kebohongan atau hoaks termasuk berdosa. "Itu namanya ikut menyiarkan bohong. Dapat dosanya. Sama kayak orang ngomongin orang, riba. Dosa apa tidak? Dosa," ungkap Ma'ruf.

Ketua MUI ini akan terus mengklarifikasi kabar-kabar hoaks dan memberikan penjelasan kepada masyarakat.

"Ya kita memberikan penyadaran, penjelasan, edukasi, bahwa itu tidak masuk akal. Setelah kita berikan kesadaran, baru mereka menyadari bahwa itu hoaks," jelas Ma'ruf.

Di tempat yang sama, Ketua Jamiyah Thariqat Almu'tabarah An Nadhiyah, Syeikh Haji Riswandi Datuk Sri Marajo, menyadari masih banyak hoaks di Sumbar.

"Menteri agama akan diubah, masjid enggak boleh pakai mic, hampir macam-macam. Mudah-mudahan enggak dimasukkan ke dalam hati," jelasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini