Hidayat: Apakah Gerindra, PKS & PAN setuju Anies nyapres, proses sedang berjalan

Rabu, 4 Juli 2018 15:47 Reporter : Merdeka
Hidayat: Apakah Gerindra, PKS & PAN setuju Anies nyapres, proses sedang berjalan Anies lantik 916 pejabat fungsional Pemprov DKI. ©2018 Liputan6.com/Arya Manggala

Merdeka.com - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan, nama Anies Baswedan yang masuk bursa untuk Pemilihan Presiden 2019, masih belum final. Menurutnya, masuknya nama Anies dalam bursa pilpres adalah bagian dari dinamika politik.

"Ini semua adalah dinamika yang Anda tidak perlu memposisikan ini final, sudah selesai. Pertama pendaftaran belum dimulai. Dua dinamika itu khas demokrasi, demokrasi tanpa dinamika bukan demokrasi dan dengan cara itu kita berharap siapapun yang merasa berhak mencalonkan diri, untuk menampilkan yang lebih baik karena kompetitornya banyak. Pastilah yang akan dipilih hanya capres dan cawapres yang didukung gabungan parpol yang melampaui Presidential Threshold," kata Hidayat di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (4/7).

Dia menuturkan, semuanya akan diputuskan oleh partai koalisi sebelum 11 Agustus. "Proses berjalan, nanti ada keputusan sebelum 11 Agustus," jelas Hidayat.

Dia tak menampik sosok Anies memang bisa saja diterima, tidak hanya di PKS, tapi Gerindra dan PAN.

"Selama ini melihat track record beliau dimenangkan Gerindra, PKS ,dan PAN. Maknanya beliau diterima oleh tiga partai ini. Apakah kemudian kami bertiga akan menyetujui beliau atau yang lainnya proses sedang berjalan," ungkap Hidayat.

Dia menilai, waktu 1 bulan sebelum pendaftaran masih panjang. Bahkan dirinya menjamin keputusan itu bisa diambil di dekat masa pendaftaran.

"Bisa, dan kita punya pengalaman panjang soal itu. Masalah ini enggak sulit-sulit amat. Seluruh tokoh jelas kok. Semua tokoh terbuka. CV, track record, semua ketahuan. Semua tahu persis yang terjadi di Indonesia. Pada gilirannya nanti Insya Allah bisa selesai dalam satu dua hari," tegas Hidayat.

Dia menyebutkan, nama-nama calon dari PKS masih tetap masuk yang totalnya 9 calon. Akan tetapi semua diputuskan oleh rekan-rekan koalisi.

"Yang kerucutkan nanti rekan-rekan koalisi. Kami sampaikan 9 nama. Silakan koalisi mana yang mereka ambil. Mereka semua potensial. PKS tidak mengerucutkan satu, tapi kami semuanya," katanya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini