Hasto Soal Jokowi Dituding Pakai Earpiece Saat Debat: Jangan Cari Kambing Hitam

Senin, 18 Februari 2019 13:00 Reporter : Yunita Amalia
Hasto Soal Jokowi Dituding Pakai Earpiece Saat Debat: Jangan Cari Kambing Hitam Debat kedua Pilpres 2019. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Warganet menuding calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo alias Jokowi, memakai alat bantu dengar earpiece saat debat kedua capres kemarin. Tudingan itu muncul karena di salah satu sesi debat, jari Jokowi yang memegang pulpen tampak bergerak-gerak dan sempat menyentuh telinga.

Gambar dan video viral itu ditanggapi oleh Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Andre Rosiade. Dia menyarankan pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menjelaskan soal gambar viral itu. Sehingga tidak berujung pada upaya fitnah pada Jokowi.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menyesali sikap Andre Rosiade yang buru-buru ikut menanggapi. Hasto menilai Andre seperti sedang mencari 'kambing hitam' guna mengalihkan penampilan Prabowo saat debat semalam.

"Jangan hanya karena kalah debat, lalu menggunakan berbagai cara untuk menutupi kekalahan tampilan Prabowo tadi malam. Ketidakmampuan Pak Prabowo jelaskan unicorn sebaiknya menjadi bahan evaluasi tim 02," ujar Hasto, Senin (18/2).

Hasto mengatakan, juru bicara sebagai garda terdepan calon Presiden dan Wakil Presiden seharusnya menunjukkan sikap negarawan dan menyampaikan gagasan pasangan yang disusung secara objektif bukan mencari pengalihan isu.

Jika bersikap mencari kambing hitam atas tidak maksimalnya penampilan debat, Hasto menilai hal itu hanya menunjukkan sikap tidak ksatria.

"Jangan biasakan politik kambing hitam. Politik kambing hitam adalah sikap tidak kesatria yang seharusnya dihindari dalam kontestasi demokrasi," jelas Hasto. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini