Hasil Kongres, NasDem akan Dengarkan Suara Publik Terkait GBHN

Senin, 11 November 2019 13:20 Reporter : Merdeka
Hasil Kongres, NasDem akan Dengarkan Suara Publik Terkait GBHN Hasil Kongres NasDem. ©2019 Liputan6.com/Yopi

Merdeka.com - Kongres II Partai NasDem pagi tadi telah ditutup oleh Ketua Umum Surya Paloh. Salah satu hasil kongres adalah NasDem akan mendengarkan pandang publik terkait wacana penghidupan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

"NasDem akan terus mencermati ini semua dengan mendengarkan suara publik sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya," kata Ketua Steering Committee (SC) Kongres II NasDem Sugeng Suparwoto saat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11).

Menghidupkan kembali GBHN, kata Sugeng, bisa dilakukan dengan mengamandemen Undang-Undang Dasar 1945. Dan amandemen UUD 1945 harus dilakukan secara cermat.

"NasDem akan mendengarkan suara masyarakat melalui uji publik, kampus, tokoh masyarakat dan sebagainya," papar dia.

Wacana menghidupkan kembali GBHN disuarakan oleh MPR periode 2014-2019 bahkan Wakil Ketua MPR saat itu Ahmad Basarah mengatakan telah diusulkan MPR periode 2009-2014.

"Gagasan menghadirkan Haluan Negara merupakan kesepakatan seluruh kekuatan politik yang ada di MPR masa jabatan 2009-2014 dengan Keputusan MPR Nomor 4/MPR/2014," kata Basarah.

Basarah melanjutkan, keputusan tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh MPR periode 2014/2019 dengan melakukan melakukan komunikasi ke beberapa lembaga negara. Selain itu, MPR juga terus melakukan penggodokan konsep, dan hingga ke pembentukan panitia sementara tentang haluan negara.

Pembentukan panitia tersebut diputuskan dalam sidang paripurna MPR pada 16 Agustus 2018. Hal itu, menurut Basarah, merupakan bentuk nyata adanya kesepakatan di MPR tentang perlunya GBHN.

"Dan ditegaskan lagi oleh Ketua MPR RI dalam sidang tahunan MPR tanggal 16 Agustus 2019," katanya.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini