Hari Lahir Pancasila, PDIP Sebut Tantangan Kekinian Mewujudkan Keadilan Sosial

Senin, 1 Juni 2020 08:25 Reporter : Merdeka
Hari Lahir Pancasila, PDIP Sebut Tantangan Kekinian Mewujudkan Keadilan Sosial Hasto Kristiyanto. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bersama seluruh keluarga besar partai mengucapkan selamat hari lahir Pancasila yang jatuh hari ini, 1 Juni.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan konsep Pancasila pernah ditawarkan Presiden Soekarno saat sidang PBBB. Konsep yang terkandung dalam Pancasila adalah terkait dengan perjuangan menciptakan perdamaian dunia/.

"Pancasila pernah ditawarkan sebagai ideologi dunia oleh Bung Karno dalam Pidato di PBB pada tanggal 30 September 1960, To Build The World A New. Pembumian Pancasila untuk dunia adalah perjuangan menciptakan perdamaian dunia, di mana kemerdekaan adalah hak segala bangsa," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Senin (1/6).

Di era sekarang, kata Hasto, PDIP percaya bahwa para pemuda Indonesia mengerti arti Pancasila, terutama dalam menghadapi tantangan kekinian.

"Dalam tantangan kekinian, maka membumikan Pancasila difokuskan pada upaya mewujudkan keadilan sosial. Keadilan yang harus diperjuangkan secara progresif dan penuh dengan nilai kemanusiaan yang menolak segala bentuk penindasan," ungkap Hasto

Hasto mengutip ucapan Megawati bahwa Pancasila tercermin dari sikap masyarakat Indonesia dalam hal gotong royong. Oleh sebab itu, Megawati meyakini Indonesia akan jadi negara yang maju dan berdikari dengan modal gotong royong itu.

"Akhir-akhir ini saya sungguh bangga bahwa Indonesia diakui nomor satu di dunia dalam kerja gotong royong. Ini modal kita untuk percaya diri dan hadir sebagai bangsa yang berdaulat, berdikari dan bangga dengan kebudayaan kita sendiri," tutur Hasto mengutip apa yang disampaikan Megawati.

Selain itu, Hasto menilai Pancasila berbeda dari banyak ideologi di dunia. Bahkan, Pancasila berbeda dengan paham-paham liberalisme atau komunisme.

Baca Selanjutnya: Dia menuturkan Pancasila bercita-cita membangun...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini