Hari ini, Jenderal Gatot resmi jadi Panglima TNI dan Sutiyoso KaBIN

Rabu, 8 Juli 2015 10:11 Reporter : Muhammad Sholeh
Hari ini, Jenderal Gatot resmi jadi Panglima TNI dan Sutiyoso KaBIN KASAD Gatot Nurmantyo. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI. Jokowi juga akan melantik Letjen (Purn) Sutiyoso sebagai Kepala badan Intelijen Negara (BIN), Rabu (8/7).

Keduanya dilantik secara bersamaan di Istana Negara pukul 12.45 WIB. Baik Gatot maupun Sutiyoso disetujui DPR karena dinilai lolos menjalani fit and proper test di Komisi I.

Jenderal Gatot Nurmantyo akan menggantikan posisi seniornya Jenderal Moeldoko yang akan memasuki usia pensiun pada 1 Agustus mendatang. Sementara Letjen Purn Sutiyoso menggantikan posisi Kepala BIN sebelumnya, yaitu Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Diketahui, Presiden Jokowi menegaskan bahwa seluruh persyaratan administratif yang dibutuhkan bagi pelantikan calon Panglima TNI dan Kepala BIN itu sudah lengkap.

"Iya (dilantik bareng), tapi nanti," kata Presiden Jokowi usai shalat tarawih di Istana Bogor, Minggu (5/7) malam. [efd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini