Hade Resmi Jadi Gubernur dan Wagub Jabar Terpilih

Selasa, 22 April 2008 18:09 Sumber :
Hade Resmi Jadi Gubernur dan Wagub Jabar Terpilih
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan pasangan H Ahmad Heryawan - H Yusuf Macan Effendi (Hade) sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Jabar terpilih masa bakti 2008-2013 hasil Pilkada Jabar 2008.

Penetapan Hade sebagai Gubernur dan Wagub Jabar terpilih diumumkan oleh Ketua KPU Jabar, H Setia Permana setelah melakukan rapat pleno penetapan bersama empat anggota KPU Jabar lainnya di Kantor KPU Jabar, di Bandung, Selasa (22/4).

Kandidat yang meraih suara terbanyak pada Pilkada Jabar 2008 dengan 7.287.647 suara (40,03%) itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Penetapan KPU Jabar No.46/Kep-KPUJB/IV/2008 yang dikeluarkan sekitar pukul 14.00 WIB Selasa (22/4).

Meski sempat digoyang demo massa pendukung cagub/cawagub H Agum Gumelar - H Nu`man Abdul Hakim (Aman) dan penolakan penandatanganan berita acara hasil penghitungan suara Pilkada Jabar 2008 oleh tim Aman, namun tindakan itu tidak memengaruhi langkah KPU Jabar untuk menuntaskan agenda penetapan Gubernur/Wakil Gubernur Jabar terpilih periode 2008-2013.

"Alhamdulillah, proses dan tahapan Pilkada Jabar 2008 berjalan sesuai jadwal, terima kasih semua teman-teman KPU kabupaten/kota yang telah bekerja keras," kata Setia Permana.

Terkait ada pihak yang belum puas terhadap hasil penetapan penghitungan suara Pilkada Jabar 2008, KPU, kata Permana, memberikan ruang kepada pihak terkait untuk menyampaikan keberatan atau protesnya melalui koridor aturan perundang-undangan yang ada.

"Bila ada keberatan, silakan sampaikan melalui jalur yang ada. Sesuai regulasi disediakan ruang 3x24 jam untuk menyampaikan keberatan atas keputusan hasil akhir Pilkada Jabar melalui pengajuan gugatan sengketa Pilkada ke Mahkamah Agung melalui Pengadilan Tinggi Jabar," kata Setia.

Sementara itu suasana haru sempat terjadi ketika Setia Permana menyalami satu per satu Ketua KPU dari 26 kabupaten/kota se-Jabar. Dengan berurai air mata Setia memberikan apresiasinya kepada pasukan KPU-nya.

"Penyelenggaraan Pilkada Jabar ini sangat berat, kami tahu pengorbanan teman-teman KPU daerah sangat besar dan menentukan suksesnya Pilkada Jabar 2008 ini," katanya. (S033)(kpl/rif)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini