Guruh ingin Soekarno dihargai seperti Mao Zedong dan Ho Chi Minh

Jumat, 6 Juni 2014 10:12 Reporter : Ya'cob Billiocta
Guruh ingin Soekarno dihargai seperti Mao Zedong dan Ho Chi Minh Guruh Soekarnoputra. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Politikus PDIP sekaligus seniman Guruh Soekarnoputra menginginkan mendiang ayahnya, Presiden RI pertama Soekarno dihargai sebagai bapak bangsa seperti pendiri Republik Rakyat Tiongkok Mao Tse-Tung (Mao Zedong) dan pemimpin revolusi Vietnam Ho Chi Minh.

"Bung Karno itu rahmat Tuhan, bapak bangsa, penyambung lidah rakyat, proklamator, pemimpin besar revolusi, seharusnya dihargai seperti Ho Chi Minh, seperti Mao Tse-Tung. Bung Karno layak untuk dihargai seperti itu," kata Guruh di sela-sela acara peringatan 113 Tahun Kelahiran Bung Karno di kediamannya Jalan Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan, Kamis (5/6). Demikian tulis Antara.

Menurutnya, penghargaan kepada Soekarno dari pemerintah tak lepas dari unsur politis. Sudah seharusnya Soekarno yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901, layak untuk diberikan penghargaan secara tulus.

"Negara tidak memberi tempat yang pantas bagi Bung Karno . Kalau pun dia dianugerahi sejumlah gelar, itu bukan bentuk penghargaan tulus tapi ada unsur politiknya. Misalnya pemberian gelar proklamator zaman orde baru yang dilakukan ketika menjelang pemilu," kata dia.

Guruh kemudian menyinggung tentang tudingan sejumlah pihak yang menyebut ayahnya seorang komunis. adik kandung Megawati Soekarnoputri itu berani bertaruh tidak mungkin Soekarno seperti yang disangkakan.

"Saya saksi hidup, saya yakin betul tidak mungkin Bung Karno komunis. Dia itu yang mencetuskan Pancasila," seru Guruh.

Dalam peringatan 113 Tahun Kelahiran Soekarno , Guruh secara khusus menyebut sosok Soekarno sebagai ayah sekaligus sahabat dan maha gurunya. Guruh tampak sesekali diam dan tertunduk dengan mata berkaca-kaca saat mengenang kisah-kisah Bung Karno ketika masih memimpin bangsa dan kerap menerima penzaliman oleh lawan politiknya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bung Karno
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini