Airlangga Harap Kompetisi Sehat dengan Prabowo di Pilpres 2024

Selasa, 16 Agustus 2022 14:39 Reporter : Alma Fikhasari
Airlangga Harap Kompetisi Sehat dengan Prabowo di Pilpres 2024 Prabowo dan Cak Imin deklarasikan koalisi Gerindra-PKB. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Partai Golkar menegaskan akan siap berkontestasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Partai Golkar sendiri, resmi mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024 hasil dari musyawarah nasional (munas) beberapa waktu lalu.

"Insya Allah siap (berkontestasi dengan Prabowo) dan kita berharap bisa berkompetisi dengan sehat saja, dalam konteks demokrasi," kata Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Kendati demikian, Doli mengatakan, pengusungan Airlangga menjadi capres masih dalam proses pembahasan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Partai Golkar dengan PAN dan PPP.

"Kita sedang berproses kalau dalam kontes KIB tetapi dalam Golkar kita sudah tetapkan Pak Airlangga jadi capres nanti KIB kita bicarakan sama-sama nanti," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Perihal Prabowo mencalonkan kembali sebagai capres di 2024, Partai Golkar mengaku menghargai keputusan suatu partai mengusung kadernya. Sebab, dalam pemilu, hal itu sesuatu yang biasa terjadi, karena tidak bisa menutup peluang capres dari partai politik lain.

"Saya kira kita memberikan apresiasi saja penghargaan setiap parpol yang punya mencalonkan kadernya gitu," imbuh Ketua Komisi II DPR RI itu.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto memutuskan untuk menerima dorongan 34 DPD partai agar dirinya maju sebagai Capres di Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Prabowo dalam Rapimnas di SICC, Sentul, Bogor, Jumat (12/8).

"Dengan mengucap bismillahirohmanirohim. Setelah saya pelajari dan mendengarkan dengan seksama sikap setiap DPD dan setiap sayap partai yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden RI tahun 2024," kata Prabowo.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab. Saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia," tegas Prabowo.

3 dari 3 halaman

Gerindra Siap Lawan Airlangga

Waketum Gerindra Sugiono mengatakan, koalisinya bersama PKB, siap menghadapi Capres dari KIB ataupun PDIP dan NasDem. Misalnya, Airlangga Hartarto

 "Siaplah masa enggak siap," kata Sugiono di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/8).

Dia tak mau bicara lebih dalam tentang kemampuan Airlangga Airlangga apabila melawan Prabowo nantinya. Menurut dia, siapapun berhak maju sebagai capres.

"Siapapun warga negara Indonesia yang merasa mampu dan memiliki niat mengabdi untuk bangsa dan negara wajib untuk memajukan bangsa," tegas dia. [eko]

Baca juga:
Momen Singkat Tatap Mata Megawati dan Surya Paloh yang jadi Sorotan
Sandiaga Soal Peluang Maju di Pilpres 2024: Tadi Banyak Ketemu Teman dari KIB
Prabowo Siap Hadapi Airlangga di Pemilu 2024
Prabowo soal Cawapres: Kita Lihatlah Ojo Kesusu
Soal Dukungan Prabowo Capres, Sugiono Gerindra: Tanya Sandiaga
Dilirik KIB Maju Pilpres 2024, Sandiaga: Terima Kasih
Paparkan Visi Misi, Siapa Tokoh Tepat Jadi Capres KIB?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini