Golkar: Ridwan Kamil Mau Gabung Golkar Kita Terima, Tapi Capres Tetap Airlangga

Kamis, 7 Oktober 2021 18:14 Reporter : Ahda Bayhaqi
Golkar: Ridwan Kamil Mau Gabung Golkar Kita Terima, Tapi Capres Tetap Airlangga Airlangga Bertemu Ridwan Kamil di Bandung. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempertimbangkan untuk bergabung dengan partai politik. Salah satu alasannya untuk ikut berkontestasi di Pilpres 2024.

Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia menuturkan, Golkar siap menerima Ridwan Kamil sebagai kader partai beringin. Namun, untuk maju sebagai calon presiden, tiketnya disiapkan untuk Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Ya kalau soal calon presiden, kita sudah punya calon presiden. Kalau Pak RK-nya mau bergabung dengan Golkar, kita terima dengan senang hati," ujar Doli di DPR RI, Kamis (7/10).

Golkar menutup pintu tokoh lain diusung sebagai calon presiden dari partai beringin itu. Sebab tiket capres dipastikan disediakan untuk Airlangga. Hanya saja, Golkar membuka peluang membangun koalisi dengan partai politik lain.

"Soal kemudian nanti kita akan membangun koalisi dengan siapa, kemudian berpaket dengan siapa, cawapresnya gitu ya, Golkar sampai hari ini masih terbuka, terbuka membangun komunikasi dengan berbagai kekuatan politik manapun untuk membangun koalisi bersama dan juga untuk menentukan pasangan capres dan cawapres," kata Doli.

Ketua Komisi II DPR RI ini tak ada masalah dengan sikap Ridwan Kamil untuk mendeklarasikan sebagai calon presiden.

“Ya saya kira enggak ada yang melarang. Kita ini punya hak memilih dan dipilih. Jadi setiap orang merasa terpanggil, kemudian siap menjadi apapun ya, termasuk calon presiden atau calon wakil presiden, itu hak konstitusi masing-masing warga negara Indonesia. Jadi ya, ya itu sesuatu yang biasa saja," ujar Doli.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku masih mempertimbangkan untuk bergabung dengan partai politik (parpol). Hal itu tengah dia pikirkan menjelang kontestasi selanjutnya, Pilgub atau Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Memang selama dua kali pilkada saya belum berpartai atas nasihat dari ibu saya. Tapi selanjutnya, apakah periode kedua gubernur lagi, atau ada tawaran ke nasional, itu saya sudah istikharah-kan," kata Ridwan Kamil seusai menjadi pembicara di Workshop Nasional DPP Partai PAN, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (5/10). [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini