Golkar: Plt Ketum PPP Mardiono Inisiator Terbentuknya KIB

Selasa, 6 September 2022 17:59 Reporter : Alma Fikhasari
Golkar: Plt Ketum PPP Mardiono Inisiator Terbentuknya KIB Nurul Arifin. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin merespons soal pemberhentian Suharso Monoarfa sebagai Ketua Umum PPP. Dia mengatakan, partainya tidak akan ikut campur, meskipun Golkar dan PPP berada dalam satu koalisi.

"Soal PPP kami tidak ingin ikut campur dalam persoalan internalnya. Kita tunggu wait and see saja," kata Nurul, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9).

Anggota Komisi I DPR RI itu mengungkapkan, bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibangun oleh Golkar, PAN dan PPP akan terus solid. Sebab, meskipun saat ini yang memimpin PPP adalah Muhammad Mardiono, Nurul menyebut jika Mardiono adalah satu inisiator terbentuknya KIB.

"Bahwa pelaksana tugas (Plt) yang sekarang adalah salah satu inisiator dari KIB," ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap KIB bisa terus solid meskipun dalam tubuh PPP ada gejolak.

"kalau kita lihat kita berpikir positif ya karena memang koalisi partai di mana-mana diperlukan tinggal melihat saja kami berharap KIB akan terus solid ya," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Mardiono mengatakan PPP akan tetap bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di bawah kepemimpinannya. Dia menegaskan, PPP akan tetap menjalankan program-program KIB bersama PAN dan Golkar.

"Oh enggak ada, enggak ada (cabut dari KIB). Kita tidak terkait dengan itu semua program kerja yang sudah kita laksanakan terdahulu itu kita akan lebih meningkatkan lagi seiring jarum jam yang berputar ke depan. Jarum jam enggak pernah berputar ke belakang," kata Mardiono saat dihubungi merdeka.com.

Mardiono mengatakan dirinya merupakan salah satu koordinator yang ikut membentuk KIB. Oleh sebab itu, dia mengaku tak berpikir cabut dari KIB untuk Pemilu 2024.

"Ya tentu koalisi itu walaupun kedudukan saya di situ sebagai koordinator koalisi itu adalah yang menyiapkan konsep-konsep, langkah-langkah KIB itu ke depan. Kemudian saya ditunjuk dipercaya oleh partai untuk menjadi Plt Ketum. Tentusaya tidak lepas dari KIB itu sebagai koordinator saya dulu sejak berdiri KIB. Tiap keputusan partai musyawarah bersama dan keputusan bersama," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, Majelis PPP menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) bertemakan "Konsolidasi dan Sukses Pemilu 2024". Mukernas tersebut dihadiri ketua dan sekretaris dari 27 DPW PPP se-Indonesia. Mukernas itu menyikapi gelombang protes dari akar rumput PPP muncul akibat kontroversi ucapan Suharso soal amplop kiai saat acara di KPK.

Dalam forum itu, Tiga majelis PPP memutuskan mencopot Suharso Monoarfa sebagai ketua umum. Selanjutnya menunjuk Muhammad Mardiono sebagai Plt Ketum PPP.

Putusan tiga majelis juga dikuatkan dengan pendapat dari Mahkamah Partai. Dalam rapat Mahkamah partai yang digelar di Bogor pada 2-3 September menyepakati usulan memberhentikan Suharso sebagai ketum PPP.

Mardiono menyatakan menerima amanah dari Mukernas dan siap membawa PPP bangkit di Pemilu 2024. [ray]

Baca juga:
PPP: Mardiono Koordinator Koalisi Partai, Kita Tetap Bersama KIB
Undang Sandiaga ke Bimtek, Elite PPP Kaget Ada Suharso di Ruangan Acara
Jokowi soal Suharso Dilengserkan dari Ketum PPP: Itu Urusan Internal Partai
Suharso: Kita Sudah Lelah, Jangan Lagi Ada Konflik di PPP
Suharso Monoarfa Dicopot, Faktor Finansial Politik Jadi Alasan?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini