Golkar Pertanyakan Indikator Prabowo Menteri Berkinerja Baik Versi Indobarometer

Senin, 17 Februari 2020 15:17 Reporter : Ahda Bayhaqi
Golkar Pertanyakan Indikator Prabowo Menteri Berkinerja Baik Versi Indobarometer Menhan Prabowo di Acara Pameran Alutsista Dalam Negeri. ©2019 Merdeka.com/Ronald Chaniago

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri berkinerja baik versi survei nasional Indobarometer. Prabowo menempati urutan teratas dengan tingkat kepuasan mencapai 26,8 persen.

Anggota DPR Komisi I Christina Aryani mempertanyakan dasar penilaian survei tersebut. Dia menilai, jika Prabowo disebut populer itu merupakan hal yang wajar karena mantan Capres 2014 dan 2019.

"Makanya kami ingin tahu kalau ada penilaian kayak gitu benchmarknya apa, kategorinya apa, jadi harus apple to apple dengan yang lain," ujar Christina di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2).

Dia mengatakan, program Menhan Prabowo Subianto belum ada yang betul-betul baru. Menurut dia, yang sudah dipaparkan Prabowo kepada Komisi I sebatas melanjutkan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya. Misalnya, minimum essentials force dan penguatan alutsista.

Satu hal yang berbeda hanya kunjungan kerja Prabowo ke luar negeri yang dikenal sebagai diplomasi pertahanan. Selebihnya, menurut politikus Golkar itu belum ada yang baru.

"Jadi pak Prabowo masih meneruskan rencana sebelumnya yang itu notabene masih program pak Jokowi. Saya rasa belum ada yang baru," ujar Christina.

Komisi I belum melakukan penilaian terhadap Menhan karena Prabowo masih tahapan pemaparan program dan baru mulai melaksanakan. Namun, sejauh ini terlihat nilainya masih baik.

"Sejauh itu nilainya baik-baik saja," kata Christina.

1 dari 1 halaman

Publik Nilai Prabowo Menteri Berkinerja Baik Bukti Jokowi Tak Salah Memilih

Sementara itu, politikus PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan menilai hasil survei kinerja Prabowo itu berdampak bagus juga bagi Presiden Joko Widodo. Menurut dia, kinerja Prabowo yang mendapat nilai tertinggi ketimbang menteri lainnya menunjukkan Jokowi tak salah memilih mantan rivalnya dalam Pilpres tersebut sebagai Menhan.

"Kalau kabinet ini juga kerjanya enggak bagus yang jelek pak Jokowi dan kita senang kinerja pak Prabowo bagus dan berarti Pak Jokowi orang yang selalu yang tepat the right man and the right place, dia menempatkan orang-orang itu benar," kata Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2).

Trimedya mengatakan, penilaian publik itu menjawab pandangan sinis pengangkatan Prabowo sebagai Menhan. Keraguan itu, menurutnya, terjawab pelan-pelan.

"Orang kan ada sinisme kenapa pak Prabowo ngurusin pertahanan, jadi Menteri Pertahanan. Kan terjawab pelan-pelan," ujarnya.

Anggota DPR Komisi III ini berharap kinerja Prabowo tak hanya berhenti di 100 hari Jokowi. Tetapi bisa sampai tahun keempat periode kedua Jokowi.

"Mudah-mudahan saja ini bukan hanya 100 hari tetapi sampai ya minimal tahun keempatlah. Kalau udah mau tahun keempat kelima kan turbulensi politiknya tinggi nanti. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat itu," pungkasnya. [gil]

Baca juga:
Prabowo Menteri Berkinerja Baik, Gerindra Sebut Selalu Minta Arahan Jokowi
Indobarometer: Prabowo Jadi Menteri Paling Bagus, Hati-hati Reshuffle
Ramai-Ramai Dukung Gibran
Prabowo Beri Arahan, Gerindra Dukung Gibran di Pilkada Solo
Ridwan Kamil Sampaikan ke Prabowo, Jabar Minat Bangun Industri Drone
Megawati Bandingkan PDIP dan Gerindra: Pak Prabowo Kalah dengan Saya
Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Minta Maaf Pernah Tak Sejalan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini