Golkar, NasDem & PKB Usul Pemotongan Gaji Anggota DPR untuk Penanganan Corona

Senin, 30 Maret 2020 16:01 Reporter : Ahda Bayhaqi
Golkar, NasDem & PKB Usul Pemotongan Gaji Anggota DPR untuk Penanganan Corona Rapat Paripurna DPR. ©2019 Merdeka.com/Sania Mashabi

Merdeka.com - Anggota DPR berbondong-bondong menawarkan pemotongan gaji untuk disumbangkan untuk bantuan krisis pandemi virus corona. Sekurangnya ada tiga fraksi di DPR yang menyatakan pendapatnya saat rapat paripurna Senin (30/3).

Anggota Fraksi Golkar Nurul Arifin secara pribadi mengusulkan pemotongan setengah gaji anggota dewan untuk disumbangkan bagi yang membutuhkan.

"Saya berharap kita punya solidaritas untuk memenuhi masa sulit ini sampai kapan dan kami secara pribadi saya ingin mengetuk rekan semua bagaimana kita memberikan gaji kita setengahnya untuk membantu yang sedang membutuhkan," kata Nurul saat interupsi di rapat paripurna DPR, Senin (30/3).

Sekretaris Fraksi NasDem Saan Mustofa juga berpendapat yang sama. Nasdem mengusulkan khususnya gaji per bulan April dipotong sebagai bentuk kepedulian.

"Terkait solidaritas tadi, kita usul pimpinan inisiasi pemotongan gaji per bulan April ini sebagai bentuk kepedulian kita di DPR," kata Wakil Ketua Komisi II itu.

1 dari 1 halaman

Begitu juga dengan Fraksi PKB. Disampaikan Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, pihaknya mendukung langkah pemerintah untuk menangani Covid-19 ini. PKB juga siap untuk memberikan sepotong gajinya untuk dapat membantu.

"Kita PKB sepakat untuk menyampaikan sebagian gaji untuk dialokasikan kepada masyarakat terkena covid-19," kata dia.

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, pemotongan gaji ini sedianya disesuaikan dengan kebijakan fraksi. Dia mengatakan, setiap fraksi boleh mengusulkan kepada pimpinan untuk pemotongan gaji agar ditindaklanjuti.

"Setiap fraksi silakan mengusulkan kepada pimpinan," jawab Puan mendengar usul pemotongan gaji. [ray]

Baca juga:
CEK FAKTA: Penyemprotan Disinfektan ke Tubuh Dianggap Berbahaya, Ini Faktanya
Mulai Pukul 18.00 WIB, Dishub DKI Setop Layanan Bus AKAP
Jokowi Sebut Stok APD Makin Terbatas: Kita Butuh 3 Juta Hingga Mei 2020
Paripurna DPR Dihadiri 45 Anggota Dewan, 297 Orang Lewat Virtual
Tiga Pasien Positif Corona di Kabupaten Bekasi Sembuh

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini