Golkar Kaji Tiga Sistem Pemilu

Senin, 8 Juni 2020 12:41 Reporter : Ahda Bayhaqi
Golkar Kaji Tiga Sistem Pemilu gerakan muda golkar mendukung percepatan munaslub. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, pihaknya masih mengkaji sistem pemilu terbaik. Hal itu berkaitan dengan Rancangan Undang-undang Pemilu yang tengah digodok oleh DPR.

Ketua Komisi II itu bilang, draf RUU Pemilu yang beredar merupakan draf kasar. Komisi II masih menunggu pandangan fraksi terhadap isi draf tersebut. Dalam draf tersebut, sistem pemilu menjadi sistem proporsional tertutup.

Doli mengatakan, partai Golkar masih belum menentukan sikap. Golkar mengkaji tiga opsi.

"Partai Golkar masih membuka peluang jika terkait sistem pemilu. Kami masih mengkaji mana sistem yang terbaik dari tiga opsi," katanya saat dihubungi, Senin (8/6).

Doli menyebut, tiga opsi tersebut adalah pertama tetap pada sistem proporsional terbuka yang masih berlaku. Kedua, opsi proporsional tertutup. Ketiga, kombinasi antara sistem proporsional dengan mayoritarian.

Mengenai sistem campuran yang terakhir disebut, Doli mencontohkan, dalam satu dapil dengan 10 kursi dapat ditetapkan 7 kursi menggunakan sistem proporsional. Sementara, sisanya menggunakan sistem mayoritarian.

Doli menambahkan, sistem proporsional merupakan keharusan karena sudah diatur dalam undang-undang dasar.

"Golkar sedang kaji kemungkinan tiga opsi," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini