Giring PSI akan Temui Ketum Golkar, Penjajakan Gabung KIB?

Selasa, 23 Agustus 2022 15:08 Reporter : Alma Fikhasari
Giring PSI akan Temui Ketum Golkar, Penjajakan Gabung KIB? Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berencana menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada Selasa (23/8) malam. Pertemuan tersebut dibenarkan Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono.

"Ya ini kan masih bersilaturahmi, belum bahas apa pun jadi masih kunjungan komunikasi politik lah. Silaturahmi, kan kita sesama partai politik dan kita kan juga bagian dari koalisi, ya perlu membangun komunikasi yang intens," kata Dave kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/8).

Saat ditanya apakah pertemuan itu membahas koalisi pada Pemilu 2024, Dave menyampaikan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) selalu terbuka kepada parpol lain.

Kendati demikian, dia menegaskan parpol yang hendak bergabung harus menyesuaikan dengan kesepakatan yang sudah dibangun di KIB.

"Tentu. Kalau KIB kan sifatnya terbuka bagi partai lain yang mau bergabung. Tapi ya itu, kalau mau bergabung harus mengikuti ritme yang sudah terbangun, kesepakatan yang sudah ada. Jangan memaksakan harus begini harus begitu mengubah konsep. Kalau menyesuaikan iya, tapi bukan berarti mengganggu yang sudah berlangsung," paparnya.

2 dari 2 halaman

Kode PSI Gabung KIB

Sebelumnya, PSI melakukan mendaftar sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 ke KPU di hari yang sama dengan KIB. PSI menyebut peristiwa ini sebagai tanda alam.

"Tadi di bawah saya ditanya ini kok daftarnya bareng dengan KIB ditanya wartawan, saya bilang kami belum mengambil keputusan akan berkoalisi dengan partai mana karena kami tadi kata bro ketum kami pasti punya rembuk rakyat ada 9 kandidat ya, yang sedang kami ajukan kepada masyarakat dan minta rakyat memberikan feedback terhadap 9 ini, tapi kok bisa apa, tanda-tanda alam ini kok bareng dengan KIB," kata Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni di KPU RI, Jakarta, Rabu (10/8).

Hal senada dikatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Zulkifli menyatakan KIB membuka pintu lebar untuk PSI bila mau bergabung. "Kita dengan senang hati, silakan," kata Zulhas.

Zulhas bahkan menyebut akan menyiapkan penyambutan bagi PSI saat bergabung KIB. "Kita kasih karpet biru, dengan senang hati," kata dia. [ray]

Baca juga:
Dirayu Maju Pilpres, Akankah Sandi Berpaling dari Prabowo?
Rayakan HUT RI, Srikandi KIB Gelar Pelatihan Kuliner untuk Para Perempuan
Sandiaga Dilirik KIB, PPP Dorong Duet Tokoh Internal dan Eksternal Koalisi
PAN Minta Ganjar Diundang ke Konsolidasi KIB di Semarang, Ini Alasannya
PPP dan PAN Pertimbangkan Usung Sandiaga, Golkar Konsisten Airlangga Capres

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini