Giliran Arek Suroboyo Deklarasikan Dukung Anies Baswedan Maju Capres

Kamis, 2 Desember 2021 21:39 Reporter : Erwin Yohanes
Giliran Arek Suroboyo Deklarasikan Dukung Anies Baswedan Maju Capres GAS dukung anies baswedan jadi calon presiden. ©2021 Merdeka.com/erwin yohannes

Merdeka.com - Sejumlah orang mengatasnamakan Gerakan Arek Suroboyo (GAS) mendeklarasikan dukungannya pada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI di Pilpres 2024 mendatang. Mereka menilai, Anies telah memenuhi 5 kriteria yang ditetapkan sebagai capres.

Koordinator GAS Herry Cahya Putra, mengatakan nama Gubernur DKI itu muncul dari tabulasi dan analisa pihaknya. Dari hasil riset sejumlah lembaga survei, ada 5 kriteria calon pemimpin yang layak memimpin Indonesia menggantikan Jokowi. Kelima kriteria itu adalah agamis, smart, humanis, nasionalis dan patriotis.

"Ada beberapa nama yang muncul teratas dari hasil survei. Selain Anies Baswedan, ada nama Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto," terangnya, Kamis (2/12) malam.

Namun dari hasil analisa dan tabulasi berdasarkan 5 kriteria calon presiden, nama Anies Baswedan yang muncul. "Anies Baswedan memenuhi syarat 5 kriteria yang kami buat," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Dia menilai, sebagai tokoh yang lahir dari dunia akademis, Anies berhasil memimpin dan memajukan DKI Jakarta sebagai miniatur Indonesia. Sehingga banyak penghargaan diperolehnya baik dari dalam dan luar negeri.

"Anies juga mewarisi sifat nasionalis leluhurnya. Keluarga Baswedan tercatat menghibahkan hartanya untuk berjuang melawan penjajah di Surabaya," jelasnya.

Seperti diketahui, sejumlah dukungan maju capres untuk Anies Baswedan kian mengalir dari sejumlah daerah. Mulai dari Sumatera, Sulawesi hingga Jawa Timur.

Namun hingga kini, Anies Baswedan menolak berkomentar soal Pemilu 2024. Meskipun, namanya selalu menjadi tiga besar dalam survei calon presiden versi sejumlah lembaga. [rnd]

Baca juga:
DPR Minta KPU Riset Dulu Sebelum Simulasi Penyederhanaan Surat Suara
Pakar Hukum Dorong Ambang Batas Presiden 2024 jadi 0 Persen, Ini Penjelasannya
Waketum NasDem: Apakah PDIP-Gerindra Mau Ajak Kita Koalisi?
Golkar Terbuka Ridwan Kamil Bergabung
Ridwan Kamil Merasa Elektabilitasnya Lumayan Diusung jadi Capres 2024
Cak Imin: Belum Ada Partai Bicara Pilpres 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini