Gerindra yakin koalisi Jokowi masih bisa 'digoyang'

Senin, 2 April 2018 12:41 Reporter : Sania Mashabi
Gerindra yakin koalisi Jokowi masih bisa 'digoyang' Fadli Zon. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai pendukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Gerindra, kata Fadli, masih membuka kemungkinan bagi PAN dan Golkar untuk bergabung dan mengusung Prabowo Subianto. Terlebih, politik sangat cair dan soal dukung mendukung sangat mungkin bisa dibatalkan di menit akhir.

"Tentu setiap partai punya otonomi untuk mengambil keputusan. Kita welcome jika ada partai yang mau kembali bergabung. Misal Golkar, PAN, itu ya bagus," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/4).

Golkar telah deklarasi dukung Jokowi di pilpres tahun depan. Sementara PAN yang saat ini berada di kubu Jokowi, belum memutuskan sikap. Pada Pilpres 2014, kedua partai ini bersama Gerindra mengusung Prabowo.

Jokowi saat ini sudah didukung lima partai. Yakni, PDIP, Golkar, PPP, NasDem dan Hanura. Sementara Prabowo, baru didukung Gerindra dan hampir pasti bersama PKS.

Menurutnya, dinamika dalam politik sangat cepat dan cair. Karena itu, Gerindra masih membuka kesempatan bergabung untuk partai lain mengingat pendaftaran Pilpres 2019 akan jatuh pada Agustus 2018 mendatang.

"Kita kan selalu terbuka. Apalagi dinamika partai dan politik sangat cepat. Kalau ada yang mau kembali bergabung saya kira bagus-bagus saja," ungkapnya.

Wakil Ketua DPR ini menuturkan, hingga kini belum ada komunikasi intensif antara Gerindra dan partai pengusung Jokowi. Namun ia optimis dengan kemungkinan perpindahan dukungan itu akan terjadi.

"Belum-belum. Belum sempatlah. Karena sudah menyatakan mendukung. Tapi kan sudah biasa mendukung terus balik lagi, itu kan biasa," ucapnya.

Diketahui, saat ini Presiden Jokowi sudah resmi usung lima partai yakni, PDIP, Partai NasDem, Partai Hanura, Partai Golkar, dan PPP. Partai Gerindra akan berkoalisi dengan PKS. Sedangkan PKB, Demokrat dan PAN belum menentukan arah dukungannya. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini