Gerindra: Posisi Hari Ini, Prabowo Presiden, Cak Imin Wakil

Rabu, 22 Juni 2022 12:07 Reporter : Alma Fikhasari
Gerindra: Posisi Hari Ini, Prabowo Presiden, Cak Imin Wakil Prabowo dan Cak Imin. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Partai Gerinda dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berkoalisi dalam Pemilu 2024. Koalisi ini juga tidak menutup pintu bagi parpol lain untuk bergabung.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa mengatakan, partainya tetap terbuka dengan partai lain meskipun sudah melakukan kesepakatan kerja sama dengan PKB.

"Kalau PDIP mau merapat dengan Gerindra dan PKB itu oke. Kalau kita merapat ke PDIP juga enggak ada masalah. Namanya juga membangun kekuatan politik," kata Desmond, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (22/6).

2 dari 3 halaman

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, saat ini posisi Gerindra dan PKB bekerja sama untuk mengusung capres dan cawapres. Jika ada partai lain yang ingin bergabung atau bekerja sama, pihaknya membuka pintu seluas-luasnya.

"Iya, kan yang disepakati Gerindra sama PKB sepakat mengusung, berkoalisi dalam rangka mengusung capres untuk itu kita tunggu saja," jelasnya.

Dia pun mengatakan, saat ini kesepakatan yang dijalin antara Gerindra dan PKB yakni mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon wakil presiden.

3 dari 3 halaman

Dan nanti, jika ada partai lain yang akan bergabung hal itu akan dibicarakan dan disepakati bersama untuk pasangan yang akan diusung nanti di pilpres 2024.

"Posisi hari ini Prabowo presiden dan Cak Imin wakil. Tapi kalau keputusan politik biasanya ketum-ketum yang maju kan dan nanti tinggal ketum kompromi," imbuhnya.

PDIP pun masih membuka peluang untuk bekerjasama dengan partai politik lain dalam Pilpres 2024. Meskipun secara aturan, PDIP satu-satunya parpol yang bisa mengusung capres dan cawapres sendiri tanpa koalisi. [rnd]

Baca juga:
Puan Ungkap PDIP Buka Peluang Koalisi dengan Gerindra-PKB
Deretan Kritik Pedas Megawati Saat Rakernas
PKS Buka Peluang Usung Prabowo Lagi: Punya Jam Terbang dan Pengalaman
PKS Terus Pendekatan dengan NasDem-Demokrat: Yang Namanya Jodoh Tak Bisa Cepat-Cepat
PDIP akan Silaturahmi ke KIB dan PKB-Gerindra usai Rakernas
Alasan PKS Tak Umumkan Capres dan Cawapres Hasil Rapimnas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini