Gerindra-PKB Sepakat Kerja Sama di 2024, PDIP: Kita Harus Gotong Royong

Senin, 20 Juni 2022 21:47 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gerindra-PKB Sepakat Kerja Sama di 2024, PDIP: Kita Harus Gotong Royong Hasto PDIP. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk bekerjasama di Pemilu 2024. Menanggapi kerjasama politik itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP akan ikut saling merapat.

"Kita kan selalu saling merapat karena kita harus gotong royong," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Senin (20/6).

Hasto mengatakan, PDIP akan membangun poros gotong royong alias poros Pancasila. "Jadi kita yang dibangun poros gotong royong, poros Pancasila," lanjutnya.

Bagi PDIP, membangun sebuah koalisi merupakan keniscayaan. Hasto mengatakan, poros Pancasila ini menginginkan Indonesia berdaulat.

"Bagi PDIP poros kerakyatan, poros kebangsaan, poros Pancasila poros yang menginginkan Indonesia maju berdaulat, Berdikari dan kebudayaan," kata Hasto.

2 dari 2 halaman

Hanya saja PDIP saat ini memiliki skala prioritas untuk membantu Presiden Joko Widodo. Supaya setelah masa jabatan Jokowi berakhir, akan dilanjutkan estafet kepemimpinan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Ketika Pemilu 2024 itu rakyat betul-betul dalam suasana keberhasilan pemerintahan Pak Jokowi, dalam suasana kehidupan yang lebih baik, sehingga Pemilu 2024 itu betul-betul sebagai ajang pesta demokrasi untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Pak Jokowi dan kita bisa mencapai kejayaan pada tahun 2045," pungkas Hasto.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sepakat membangun kerjasama di Pilpres 2024.

Kesepakatan itu dibuat dalam pertemuan Prabowo dan Cak Imin di kediaman mantan Danjen Kopassus itu di Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6).

"Pak Prabowo dan pak Muhaimin sudah sepakat untuk sama-sama bekerja sama dalam Pilpres 2024," kata Muzani di Jakarta, Sabtu (20/6). [eko]

Baca juga:
PKS Tegaskan Tak Kapok dan Baper Berkoalisi Lagi dengan Gerindra
PKS akan Bertemu NasDem, Kalau Cocok Bakal Koalisi di 2024
KIB Enggan Usung Ganjar jadi Capres: Tidak Etis, Kader Parpol Lain
Sohibul Iman: Mayoritas Suara PKS Pilih Anies Baswedan jadi Capres 2024
PKS Sebut Ketum NasDem Sudah Lama Mengajak Bertemu untuk Penjajakan Koalisi
Nasib Koalisi Semut Merah Diputuskan Usai Ada Pembicaraan PKB dengan Gerindra

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini