Gerindra-PKB Berkoalisi, PDIP: Pendukung Pemerintah Harus Rukun

Minggu, 3 Juli 2022 14:07 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gerindra-PKB Berkoalisi, PDIP: Pendukung Pemerintah Harus Rukun Djarot Saiful Hidayat. ©2017 merdeka.com/Rendi Perdana

Merdeka.com - Partai Gerindra dan PKB semakin dekat menjalin kerjasama untuk Pemilu 2024. PDI Perjuangan memuji kedekatan kedua partai tersebut.

Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, tak masalah Gerindra dan PKB sudah menjalin hubungan untuk Pemilu 2024.

"Gerindra sama PKB bekerjasama ya bagus-bagus saja," kata Djarot ditemui di sela diskusi publik 'Bung Karno: Arsitek Kemerdekaan Bangsa-Bangsa' di kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (3/7).

Menurut Djarot, sudah sewajarnya kedua partai yang tergabung dalam partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkoalisi.

"Kan memang harus rukun harus baik kan gitukan, bukankah Gerindra dan PKB pendukung Jokowi," ujar mantan gubernur DKI Jakarta ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Tugaskan Puan Bangun Koalisi

Sementara PDI Perjuangan belum mau bicara soal kerjasama di Pemilu 2024. Saat ini Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani ditugaskan untuk menjalin komunikasi dengan partai-partai.

"Di negara kita yang sistemnya presidential, itu tidak dikenal istilah koalisi. Istilah koalisi itu di sistem parlementer. Kalau kerja sama kita tentu saja bekerja sama," kata Djarot.

"Dan mbak Puan itu ditugaskan kan beliau sebagai ketua DPR. Tentunya lebih luas dan semua fraksi-fraksi itu ada di DPR. Sembilan fraksi," sambungnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membangun koalisi untuk menuju pemilu 2024. Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid pertemuan ini lanjutan dari pertemuan antara Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada, Sabtu 18 Juni 2022.

"Kita baru mulai silaturahim atau kerja sama atau apapun pada level-level lebih ke bawah lagi. Mulai dari sejak pertemuan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin dilanjutkan dengan DPP antar Gerindra dan PKB dan sekarang wilayah. Bentar lagi cabang bentar lagi sampai akar bawah," kata Jazilul, kepada wartawan, usai pertemuan, di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/6) malam. [gil]

Baca juga:
Puan Maharani: Bung Karno Arsitek Pembangunan Jembatan Antar Bangsa
Tak Minta Jatah & Masih Berduka, PDIP Serahkan Pengganti Menpan Tjahjo ke Jokowi
Peta Politik Terkini PDIP Jelang Pemilu 2024
Sindiran dan Kritik Effendi Simbolon Tak Memandang Nama Besar Tokoh
Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Harap Anies Tinjau Ulang Pergantian Nama Jalan Tahap Dua
Pesan Megawati untuk Kader PDIP di Sumatera Barat
Tanggapi Gerindra Deklarasi Prabowo Capres, Djarot: PDIP Nunggu Bu Ketum, Ojo Kesusu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini