Gerindra Belum Bahas Cagub DKI untuk 2024

Selasa, 4 Januari 2022 13:39 Reporter : Ahda Bayhaqi
Gerindra Belum Bahas Cagub DKI untuk 2024 Sufmi Dasco Ahmad. ©istimewa

Merdeka.com - Partai Gerindra menegaskan belum membicarakan pengganti Anies Baswedan untuk diusung sebagai calon Gubernur DKI Jakarta di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, usulan calon-calon pengganti Anies seperti disampaikan penasihat Fraksi Gerindra DKI Jakarta M Taufik bukan pernyataan resmi partai.

"Bahwa kemudian wacana-wacana itu secara pribadi ditimbulkan oleh Pak Taufik itu boleh-boleh saja, tapi tidak bisa dianggap itu adalah statement resmi dari partai," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/1).

Dia menuturkan, yang paling pas untuk bicara soal Cagub DKI Jakarta adalah Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Mekanisme di Gerindra, DPD DKI Jakarta bisa mengusulkan dengan berkonsultasi dengan dewan pimpinan pusat.

"Sebenarnya kan yang akan menyampaikan soal itu kan, selain diputuskan dari pusat adalah dari DPD DKI, dalam hal ini ketua DPD DKI-nya adalah Pak Ariza Patria, tentunya yang akan berkomentar itu lebih pas nanti Pak Riza Patria setelah kemudian berkomunikasi dengan DPP Partai Gerindra," jelas Dasco.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, M Taufik mengusulkan tiga nama calon pengganti Anies. Yaitu Airin Rachmy Diani, Ahmad Riza Patria, serta Bahlil Lahadalia.

"Itu pembahasan internal partai," terangnya.

Sementara itu, Taufik menilai Anies sudah selevel sebagai calon presiden. Meski diakui jalannya menuju RI-1 lebih berat karena harus diusung oleh partai politik.

"Langkah yang paling gampang ya gubernur, karena gubernur ada independen. Sementara dia bukan pemimpin partai enggak punya partai, kalau calon presiden mesti diusung partai politik sesuai threshold, artinya stepnya lebih sulit, mesti cari dulu," tutupnya. [fik]

Baca juga:
Sekjen PAN Dorong Bima Arya 'Pindah' Jakarta atau Jabar
KPU DKI Kunjungi Kantor DPW Partai NasDem: Sebagai Konsolidasi & Persiapan Pilgub
Riza Patria Mengaku Tak Ada Pikiran Maju Cagub DKI di Pilkada 2024
Ketua DPRD Sentil Anies: Pilgub DKI 2024 Perintah Undang-Undang Bukan Diundur
Gibran Soal Maju Pilgub DKI: Wis Solo Paling Enak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini