Gerilya Jokowi lobi pentolan Koalisi Merah Putih

Rabu, 15 Oktober 2014 11:17 Reporter : Anwar Khumaini
Gerilya Jokowi lobi pentolan Koalisi Merah Putih Jokowi-Ical. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Perebutan partai antar Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih masih terus berlanjut. Bahkan PDI Perjuangan sempat berhasil meyakinkan PPP untuk bergabung dengan KIH saat pemilihan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Komunikasi politik memang sudah dilakukan oleh PDI Perjuangan usai pemilihan umum presiden. Bahkan Jokowi sempat mengatakan sudah ada tiga partai yang akan merapat ke KIH, PPP, PAN dan Demokrat. Namun pada akhirnya baru satu partai yang merapat.

Jokowi mengatakan, komunikasi kepada anggota KMP sudah dilakukan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo dan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani. Namun pada akhirnya, Jokowi sendiri yang melakukan pertemuan dengan ketua umum partai.

"Sebetulnya sudah dilakukan PDI Perjuangan, seperti sekjen dan ketua fraksi," ungkapnya di Galeri Seni Kunstkring, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/10) kemarin.

Pada Senin (13/10) lalu, Jokowi pun melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. Dan rencananya seluruh ketua umum partai akan ditemui olehnya. Langkah ini dilakukan langsung oleh Jokowi setelah PDIP gagal melopi partai-partai di bawah naungan KMP.

1 dari 4 halaman

Jokowi lobi Aburizal Bakrie

Mantan Walikota Solo ini berdalih pertemuan dengan Aburizal Bakrie dilakukan karena memiliki keperluan dengan pimpinan partai berlambang beringin tersebut.

"Saya merasa ada perlu dengan pak ARB. Makanya bertemu," ungkapnya kemarin.

Sebelumnya, KIH telah melakukan lobi-lobi dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan anggota KMP saat pemilihan Ketua MPR. Namun ternyata, paket yang diajukan KIH untuk pimpinan MPR kalah oleh usulan dari KMP.

2 dari 4 halaman

PDIP juga berharap Prabowo juga mau ditemui Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie (Ical). PDIP berharap, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga ditemui Jokowi.

Wasekjen PDIP Achmad Basarah mengatakan, pertemuan Jokowi dan Ical langkah positif untuk membangun bangsa. Dia juga ingin Prabowo juga mau bertemu dengan Jokowi.

"Kami berharap Pak Prabowo mau menemui Pak Jokowi," kata Basarah saat dihubungi, Selasa (14/10).

Basarah menyatakan, Prabowo bakal diuji kenegarawanannya jika mau bertemu dengan Jokowi. Dia menegaskan, PDIP sendiri tak punya masalah dengan Gerindra.

"Itu akan menguji sikap kenegarawanan Pak Prabowo. Kami merasa tidak ada masalah dengan Gerindra dan Prabowo," terang dia.

Basarah menambahkan, seharusnya hubungan Prabowo dan Jokowi tidak ada persoalan. Sebab, pilpres hanya sekadar kontestasi, bukan peperangan.

"Pilpres itu hanya sekadar kontestasi bukan peperangan. Jadi begitu kontestasi selesai maka semua sudah selesai," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Jokowi akan bertemu SBY lagi Sabtu atau Minggu

Joko Widodo (Jokowi) juga rencananya akan melakukan pertemuan lagi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan ini rencananya akan dilakukan setelah SBY kembali dari kunjungan di Jawa Tengah.

"Pak SBY terjadwal di Jateng sampai Sabtu. Kalau memungkinkan akan Sabtu atau Minggu melakukan pertemuan di Jakarta," ungkap Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto.

Hal itu dikatakan Andi di Galeri Seni Kunstkring, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/10). Di galeri ini, Jokowi sedang bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.

4 dari 4 halaman

Jokowi juga akan temui Suryadharma Ali

Selain melakukan pertemuan dengan SBY, rencananya Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Suryadharma Ali. Andi Widjajanto mengungkapkan, pertemuan ini akan dilakukan usai pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Abu Rizal Bakrie.

"Komunikasi (dengan SDA) sudah telepon-teleponan, semalam dan tadi pagi," jelasnya.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie. Pertemuan ini dilakukan di Galeri Seni Kunstkring.

Salah satu deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan, pertemuan ini memang sudah diagendakan semenjak dua hari lalu. Pertemuan empat mata ini berdasarkan inisiatif Jokowi.

"Ada pertemuan empat mata dengan ical. Dan sudah diagendakan dua hari lalu. Sekarang bertemu berdua," ungkapnya di lokasi yang sama. Ical datang bersama adiknya Nirwan Bakrie.

[war]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini