Ganjar dan Puan Maju Pilpres, Suara Pemilih di Jawa Tengah Bakal Terbelah

Minggu, 7 Agustus 2022 19:30 Reporter : Lydia Fransisca
Ganjar dan Puan Maju Pilpres, Suara Pemilih di Jawa Tengah Bakal Terbelah Ganjar dan Puan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Ganjar Pranowo dan Puan Maharani digadang-gadang akan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pengamatan politik dan peneliti, Muhammad Qodari mengatakan, jika hal itu terjadi, suara pemilih di Jawa Tengah akan terbelah.

"Jadi bisa dibayangkan kalau misalkan Ganjar dan Puan Maharani maju, Jawa Tengah (akan) terbelah. Ini dua-duanya akan hancur karena dua-duanya punya basis yang sama,” kata Qodari.

Dia beralasan, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah lebih unggul dibandingkan dengan Puan Maharani. Lembaga Survei Politika Research and Consulting (PRC) pada Minggu (24/7) lalu menyatakan elektabilitas Ganjar sebesar 30 persen dan menempati urutan pertama. Namun, elektabilitas Puan berada di urutan delapan dengan angka 1,3 persen. Meskipun demikian, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tersebut mendapat dukungan dari partai pengusungnya, PDIP.

"Mas Ganjar hanya punya elektabilitas, nggak punya partai politik. Sementara, di PDIP ada satu nama, yaitu Puan Maharani yang juga digadang-gadang sebagai calon presiden. Kalau suasananya struktur PDIP itu, ya Mbak Puan," jelas Qodari.

Qodari juga menambahkan bahwa mendukung Ganjar sebagai calon presiden akan memiliki risiko politik yang besar jika tidak didukung PDIP. “Mungkin pendukungnya Mas Ganjar gak begitu happy mendengar itu, tapi harus (saya) sampaikan supaya realistis. Mendukung Mas Ganjar punya risiko politik yang sangat besar. Ketika mendukung Ganjar dan Ganjar tidak didukung oleh PDIP dan risiko itu besar. Di PDIP itu sendiri kalo kita masuk ke kandang banteng, suasananya itu kuat (suasana Puan Maharani)," jelas Qodari. [yan]

Baca juga:
Warga Kupang Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024
Cak Imin: Saya Berani Nyapres karena Didukung Warga Jatim dan Kiai Ulama
PPP Sebut Jokowi Promosikan Ganjar dan Prabowo untuk Pilpres 2024
Menebak Maksud Pujian Prabowo ke Jokowi
Analisis Puja Puji Prabowo ke Jokowi, Berharap Dukungan di Pilpres 2024
Jawaban Anies jika Dipasangkan AHY di 2024: Tuntaskan Jakarta Dulu, Baru Kita Ngobrol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini