Fakta-Fakta Sosok Jokowi di Mata Jusuf Kalla

Senin, 25 Maret 2019 06:00 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Fakta-Fakta Sosok Jokowi di Mata Jusuf Kalla Jokowi dan JK susun pidato. ©handout/Jubir Wapres Husain Abdullah

Merdeka.com - Wapres Jusuf Kalla (JK) hampir lima tahun mendampingi Presiden Jokowi memimpin Indonesia. Keduanya juga kerap bersama-sama menjalankan tugas kenegaraan.

Tak lama lagi kebersamaan itu berakhir lantaran JK akan habis masa jabatannya. Sedangkan Jokowi maju kembali sebagai calon presiden.

Di masa jabatannya yang sebentar selesai, JK blak-blakan mengungkap sosok Jokowi. Bagaimana sosok Jokowi di mata JK? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

JK Sebut Jokowi Selalu Ingin Detail

Jusuf Kalla (JK) sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden. Pertama periode 2004-2009 bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kedua berpasangan dengan Jokowi pada 2014-2019.

Menurut JK, dua presiden itu punya cara masing-masing dalam memimpin Indonesia. "SBY selalu ingin perfect, sempurna. Pak Jokowi selalu ingin detailnya," kata JK.

2 dari 4 halaman

Jokowi Tidak Panik Tak Bawa HP

Banyak hal yang diungkap JK tentang sosok Jokowi. Salah satunya tentang kebiasaan Jokowi yang berbeda dengan kebanyakan orang.

Menurut JK, Jokowi tidak pernah panik jika tak membawa handphone dan jam tangan saat keluar rumah. Padahal bagi sebagian orang, kedua barang itu wajib dibawa.

"Kalau kita kan tidak bawa HP atau arloji akan berbeda rasanya. Kalau Jokowi biasa-biasa saja kalau tidak bawa keduanya," ujar JK.

3 dari 4 halaman

Jokowi Bisa Bergaya Nonformal

Sebagai presiden, Jokowi sangat berbeda dengan kepala negara lainnya. Jokowi memiliki gaya unik dengan sering mengenakan pakaian santai saat bekerja. JK mengatakan kebiasaan itu tak bisa ditirunya.

"Lihat caranya pakai baju, pakai kaos, pakai di luar putih. Sepatu kets, sepatu itulah. Itu sangat informal. Saya malah enggak pernah begitu. Saya rasa pakai sepatu kets, pakai sepatu kets. Enggak apa-apa begitu," kata JK.

4 dari 4 halaman

Merakyat dan Tidak Otoriter

Di mata Jusuf Kalla (JK), Presiden Jokowi ialah sosok pemimpin yang merakyat. Oleh sebab itu, dia meminta agar Jokowi tetap mempertahankan gaya merakyatnya tersebut.

Selain itu, JK juga mengatakan jika mantan Gubernur DKI tersebut memiliki jiwa demokratis dan tidak otoriter.

"Beliau tidak akan merusak bangsa dengan otoriter dan nepotisme," ungkap JK. [has]

Baca juga:
Cerita Jokowi Badan Kurus Gara-Gara Sehari Bisa Keliling sampai 5 Provinsi
Curhat Soal Pendidikan, Pedagang di Magelang Panggil Jokowi 'Pak Kiai'
Jokowi Sebut Hoaks Sebagai Cara Berpolitik Tak Beretika dan Bertata Krama
Jokowi: 4,5 Tahun Diam Difitnah Hari Ini Saya Akan Lawan
Jokowi Melayat ke Rumah Duka Direktur TKN di Sleman
Saat Jokowi Payungi Pemuka Adat Bali di Tengah Guyuran Hujan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini