Fadli Zon Tantang Jokowi Keluarkan Perppu Soal Pengambilan Lahan HGU

Selasa, 26 Februari 2019 16:11 Reporter : Ranti Yunidar
Fadli Zon Tantang Jokowi Keluarkan Perppu Soal Pengambilan Lahan HGU Fadli Zon. ©2018 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, Fadli Zon mengatakan Prabowo belum berniat mengembalikan ratusan ribu lahan HGU miliknya ke pemerintah. Menurutnya, Presiden Joko Widodo harus menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terlebih dahulu untuk mengambil alih konsesi lahan Prabowo.

"Enggak ada tuh, kan Pak Prabowo pernyataannya kalau negara membutuhkan. Sekarang ini kalau membutuhkan buat dulu Perppu-nya semua dong," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/2).

Fadli menambahkan, lahan-lahan HGU yang akan dikembalikan tersebut, nantinya akan dibagikan kepada para petani. Dia melihat, petani Indonesia sedang mengalami krisis lahan.

"Tanah untuk petani, karena memang petani kita mengalami krisis lahan," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi kembali menyinggung ratusan ribu lahan milik Prabowo di Aceh dan Kalimantan. Dia mengatakan, bakal menanti pemilik konsesi yang berkomitmen untuk mengembalikan tanahnya ke negara.

"Jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan ke negara," jelas Jokowi dipotong oleh riuh hadirin di acara pidato politik berjudul 'Optimis Indonesia Maju' di SICC, Sentul, Jawa Barat, Minggu (24/2).

Pendukungnya langsung riuh. "Balikin, balikin, balikin," sahut para pendukung Jokowi.

Jokowi menghentikan pidatonya beberapa detik. Setelah melihat kondisi pendukungnya mulai tenang, dia kembali melanjutkan.

"Saya ulang, jadi kalau ada yang ingin mengembalikan konsesinya kepada negara," jelas Jokowi kembali disambut riuh pendukungnya. Jokowi terpaksa kembali menunda pidatonya.

"Balikin, balikin, balikin," teriak ribuan pendukung yang hadir. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini