Fadli Zon soal Jokowi 'Endorse' Prabowo: Dukungan Penguasa akan Membantu

Kamis, 22 September 2022 15:33 Reporter : Ahda Bayhaqi
Fadli Zon soal Jokowi 'Endorse' Prabowo: Dukungan Penguasa akan Membantu Fadli Zon. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menilai dukungan Presiden Joko Widodo kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden merupakan hal yang positif. Dukungan ini dinilai akan membantu terutama karena Jokowi merupakan presiden yang tengah berkuasa.

"Dukungan dari mana pun pasti akan membantu apalagi yang sedang berkuasa," ujar Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9).

Fadli melihat Prabowo dan Jokowi memang dekat. Terutama kedekatan itu terlihat antara presiden dan menterinya.

"Kalau sekarang sih terlihat sudah pasti kerjasama bagian dari tim kabinet ini pak Prabowo," kata Ketua BKSAP DPR RI ini.

Namun soal dinamika politik saat ini masih terlalu dini diprediksi. Menurut Fadli baru akan terlihat dukungan itu ketika mendekati pendaftaran calon presiden pada tahun 2023.

"Kalau sekarang ini too early to tell. Dinamika masih tinggi orang masih mencari bentuk mencari formula tinggal nanti apakah akan ada dua pasangan kan atau tiga pasangan kah konfigurasinya seperti apa saya kira itu akan sangat menentukan," kata Fadli.

2 dari 2 halaman

"Ya silakan. Kalau itu ditafsirkan sebagai restu, ya silakan juga," kata Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, jawaban itu terucap dari mulut Jokowi ketika ditanya apakah memberikan restu kepada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo untuk menjadi calon presiden di Pemilu 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam beberapa kesempatan mengajak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk melakukan kunjungan kerja. Seperti yang dilakukan saat meninjau lokasi Food Estate dan saluran primer induk UPT A5 di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Juli 2020.

Keduanya singgah di Kabupaten Pulang Pisau. Duduk bersama di kursi panjang sebuah gubuk, Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo tampak berbincang serius.

Demikian juga saat Jokowi dan Prabowo berkunjung ke Jawa Timur pada 20 April 2022 lalu dalam rangka menghadiri peresmian holding industri pertahanan dalam negeri dan meresmikan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep. Dalam satu momen, keduanya membeli blangkon berwarna merah di salah satu stan UMKM dan kompak memakainya. [ded]

Baca juga:
Jokowi Instruksikan Bawaslu Tindak Tegas Pelanggaran Pemilu
Blusukan ke Majalengka, Puan Diminta Warga Turunkan Harga Pupuk hingga BLT BBM
Bawaslu soal Rekayasa Pemilu 2024: Sebelum SBY, Megawati Sudah Turun Gunung
INFOGRAFIS: Kata Para Ketua Umum Partai soal Capres 2024
Ketua Fraksi PDIP DPR: Konsep Besar Dewan Kolonel untuk Bantu Puan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini