Erick Thohir Berpeluang Dilirik Parpol jadi Cawapres

Kamis, 8 Desember 2022 19:30 Reporter : Merdeka
Erick Thohir Berpeluang Dilirik Parpol jadi Cawapres Menteri ESDM, LHK dan BUMN rapat dengan DPR RI bahas RUU EB-ET. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Survei Poltracking merilis tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasilnya, tiga teratas di duduki oleh Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

Pembina Kaukus Pemuda Muslimin Raya Banten Ahmad Youthrizar menilai Menteri BUMN Erick Tohir memiliki komitmen yang tinggi terhadap umat Islam.

Salah satunya Erick Thohir bisa menjadi calon wakil presiden (cawapres) yang membangun empat masjid, dan salah satunya dibangun di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Anda bisa lihat apa yang Erick lakukan, dia membangun satu masjid di Los Angeles dan sisanya di Lampung, Kalimantan Selatan, dan Depok (12 Mei 2022). Bahkan, Masjid At Thohir menjadi objek wisata religi karena bentuknya yang megah dan fasilitas yang luas," kata Ahmad Youthrizar, Kamis (8/12).

Ahmad Youthrizar menyebut Erick Thohir membantu memudahkan Muslim Belanda membangun Islamic Center di Den Haag, Belanda, dan komitmen Erick Thohir melampaui komitmen banyak calon wakil presiden yang bakal muncul.

Kandidat dikatakan mewakili kelompok Muslim, tetapi tidak mengamalkan ajaran Islam tentang kemakmuran masjid. "Beliau (Erick Tohir) adalah pemimpin yang berakhlak mulia. Ke mana pun beliau pergi, beliau selalu mendakwahkan Islam."

Ahmad Youthrizar mengatakan, Erick Thohir tidak pernah menggunakan politik identitas untuk mendongkrak popularitasnya.

Ia mengatakan, semua yang dilakukan Erick Thohir dengan itikad baik hanyalah sebuah pesan dan mendekatkan dirinya dengan Sang Pencipta. "Kami ingin partai memilih Erick Thohir sebagai calon wakil presiden berdasarkan nilai-nilai kebangsaan," katanya.

Ia menjelaskan, Kaukus Pemuda Muslim Banten mulai populer di Serang, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang Raya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan kepuasan publik terhadap kinerja menteri atau pejabat setingkat menteri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 61,4 persen, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir 59,4 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 57,4 persen.

Berikutnya, ada Panglima TNI Andika Perkasa 56,9 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 54,7 persen dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 53,4 persen.

Selanjutnya, Menko Polhukam Mahfud MD 53,3 persen, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 52,9 persen, Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia 52,3 persen, dan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim 52,2 persen.

Meski begitu, ada 42,8 persen responden setuju adanya reshuffle kabinet. Sedangkan, 25,5 persen tak setuju dan 31,7 persen menjawab tidak tahu.

"Publik mengatakan setuju pergantian kabinet pemerintahan Presiden Jokowi – Wapres Ma’ruf Amin 42,8 persen, Sementara publik yang mengatakan tidak setuju 25,5 persen," kata Hanta Yuda.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung pada tanggal 21-27 November 2022 Menggunakan metode multistage random sampling 1220 Responden margin of error +/- 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [rhm]

Baca juga:
Gubernur Jateng Ganjar Dinilai Paling Klop Dipasangkan dengan Erick Thohir di Pilpres
Ketua MPR Minta Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 Diperhitungkan Kembali
Sandiaga Siap Maju Pilpres 2024 Bila Diamanahi untuk Berjuang Kembali
NasDem: Koalisi Perubahan Segera Deklarasi, Tinggal Tunggu Waktu
Partai NasDem Bela Anies Baswedan soal Curi Start Kampanye

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini