Elite PDIP: Projo itu Bukan Parpol, Sah-Sah saja Jokowi Hadir

Kamis, 23 Juni 2022 17:25 Reporter : Alma Fikhasari
Elite PDIP: Projo itu Bukan Parpol, Sah-Sah saja Jokowi Hadir Anggota Komisi II DPR RI Junimart Girsang. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan keakraban terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani dalam perhelatan Rakernas PDI Perjuangan II, 21 sampai 23 Juni 2022 di Sekolah PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta.

Kedua nama tersebut digadang-gadang akan menjadi calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Posisi dan sikap Jokowi saat ini menjadi pertanyaan apakah mendukung Ganjar atau Puan.

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Junimar Girsang mengatakan bahwa Jokowi tidak memberikan sikap atau perlakuan berbeda terhadap Ganjar dan Puan yang sama-sama kader PDIP. Hal itu menyingging soal kehadiran Jokowi di acara Projo, yang mana hadir pula Ganjar Pranowo dalam acara tersebut.

"Saya kira enggak ada yang berbeda. Projo itu kan bukan parpol, sah-sah saja Pak Jokowi hadir, Pak Ganjar hadir, sepanjang itu diundang tentu hadir kalau memang sudah ada jadwal untuk itu. Banyak teman-teman juga diundang tapi enggak hadir karena ada jadwal," kata Junimart kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6).

Lebih lanjut, Junimart menjelaskan, kehadiran Jokowi di Rakernas II PDIP dan pertemuan Jokowi dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri serta Puan. Menurutnya, pertemuan tersebut wajar dan tak ada yang mempermasalahkan pertemuan itu.

"Nah hubungannya dengan Rakernas, bagaimana pertemuan dengan Ibu Ketum, Pak Jokowi, dan Ibu Ketua DPR, ya kan? Saya kira enggak ada masalah semua nyaman. Saya beberapa kali juga bertemu Pak Ganjar, kemarin itu, semua happy-happy saja. Enggak ada masalah, semua happy di sana. Pak Ganjar juga sudah memberikan beberapa tanggapan yang sifatnya sangat positif," ungkapnya.

Oleh karena itu, Junimart pun menegaskan bahwa Jokowi tidak sedang bermain dua kaki. Sebab, sikap Jokowi sebagai kader PDIP sudah jelas.

"Loh, Pak Jokowi kakinya dua, iya kan? Kan kakinya dua. Sikapnya jelas Pak Jokowi, sebagai kader partai, petugas partai, datang ke Rakernas sebagai orang partai. Maka waktu rakernas beliau bukan sebagai presiden, sebagai kader PDIP dan sebagai petugas partai," jelasnya.

"Semua yang datang ke sana enggak ada disebutkan sebagai Presiden, sebagai Gubernur, sebagai DPR, semua sama. Kita makan sama, duduk sama, kan begitu," sambung Wakil Ketua DPR RI itu.

Junimart menepis adanya hubungan memanas antara Ganjar dan Puan. Hubungan semua kader di PDIP dalam keadaan baik-baik saja.

"Semua happy-happy aja, hubungan Ibu dan Pak Jokowi sangat baik sekali. Dalam rapat internal terlihat betul betul Pak Jokowi happy ya, semua happy. Enggak ada masalah. Kalau ada suara suara miring itu menurut saya provokasilah dan itu bukan orang partai," ujarnya.

"Emang enggak ada riak-riak, bukan tidak ada lagi. Memang enggak ada riak-riak, PDIP itu solid, partai tegak lurus yang hanya tunduk pada AD/ART dan Ketum," tegasnya.

Baca juga:
Megawati: Sekarang Saya Dapat Julukan Si Cantik
Megawati soal Capres PDIP: Pemilu Masih 2 Tahun, Boleh Dong Saya Umpetin Terus
Ganjar Baca Hasil Rakernas: Penetapan Capres-Wapres Hak Prerogatif Ketua Umum PDIP
Alasan Megawati Ogah PDIP Buru-Buru Bangun Poros Pilpres
Rincian 9 Parpol Dapat Dana dari Negara, Terbanyak PDIP Rp27 Miliar

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PDIP
  3. Projo Jokowi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini