Elektabilitas Risma Naik, PKS Sebut Anies Baswedan Punya Prestasi di DKI

Senin, 15 Februari 2021 20:12 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Elektabilitas Risma Naik, PKS Sebut Anies Baswedan Punya Prestasi di DKI Mardani Ali Sera. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Lembaga Media Survei Nasional (Median) memaparkan hasil survei elektabilitas bursa Pilkada DKI. Dalam paparannya, persaingan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup Ketat. Anies menempati urutan pertama dengan elektabilitas 42,5 persen dan Risma 23,5 persen.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menilai survei tersebut sudah sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Dia mengakui bahwa Risma memiliki riwayat kepemimpinan yang baik selama menjadi Wali kota Surabaya.

Untuk itu, dia menyambut baik bilamana Risma mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI 2022. Menurutnya, siapa saja berhak untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI.

"Semua berhak berkompetisi. Bu Risma punya track record yang bagus saat memimpin Surabaya," kata Mardani saat dihubungi merdeka.com, Senin (15/2).

Menurutnya, semakin banyak pilihan calon-calon yang baik untuk memimpin Jakarta, maka demokrasi di Pilgub DKI mendatang pun akan semakin baik.

Anggota Komisi II itu mengaku tidak khawatir jika elektabilitas Risma akan menyusul Anies. Sebab kata Mardani, prestasi Anies juga tidak kalah dengan Risma.

"Mas Anies punya prestasi, pada saatnya akan diumumkan oleh PKS. Pesan untuk Mas Anies, adanya calon berkualitas malah bagus buat warga Jakarta. Justru kalau ada yang lain muncul, lebih baik lagi," ujarnya.

Mardani pun belum membeberkan apakah PKS akan kembali mengusung Anies atau akan berpindah ke lain hati. Yang terpenting kata dia, PKS akan selalu memilih pemimpin yang terbaik untuk warga DKI Jakarta.

"PKS akan memutuskan yang terbaik untuk warga Jakarta. Makin banyak calon berkualitas, makin bagus. PKS masih berjuang untuk Pilkada 2022 dan 2023 tetap berjalan," ujarnya.

Seperti yang diketahui, elektabilitas Risma meningkat hingga 19 persen dalam waktu kurang dari setahun. Direktur Median, Ade Irfan Abdurahman mengatakan bahwa elektabilitas Risma sangat mengancam posisi Anies. Dia menilai posisi Anies belum aman dan khawatir bisa disusul Risma.

"Selisih di bawah 10 persen sangat rawan. Untuk bisa aman biasanya hasil survei kandidat harus double digit unggulnya," kata Ade Irfan, Senin (15/2). [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini