Dukung Program Komjen Sigit, PDIP Minta Sarana Prasarana E-Tilang Dimaksimalkan

Kamis, 21 Januari 2021 16:52 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Dukung Program Komjen Sigit, PDIP Minta Sarana Prasarana E-Tilang Dimaksimalkan Kamera Tilang Elektronik ETLE. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (LSP) berencana menghilangkan sistem penilangan Polantas terhadap pengendara yang melanggar. Penegakan hukum berbasis tilang elektronik akan dimaksimalkan.

Anggota Komisi III Fraksi PDIP, Johan Budi menyambut positif rencana Sigit. Tetapi, sarana dan prasarana untuk tilang elektronik harus dimaksimalkan.

"Semua fraksi kemarin setuju kan bahkan banyak yang memberikan apresiasi ke Pak Sigit terkait dengan visi misinya kalau dia jadi Kapolri, salah satunya berkaitan Polantas di jalan enggak lagi nilang, apalagi nutup uang sidang, kan dia cerita gitu," katanya kepada merdeka.com, Kamis (21/1).

"Ya mungkin aja (Polantas tidak tilang di jalan), kenapa tidak mungkin, tetapi kalau dikaitkan sama semua akan melakukan sistem elektronik, ya tentu sarana prasarana harus diandalkan," tambah dia.

Budi melanjutkan, harus ada perubahan mindset dari polisi. Sebab, banyak cerita di masyarakat bahwa Polantas langsung menilang padahal pengendara belum tentu salah.

"Keluhan utama publik itu kan soal pungli sebenarnya, rencana yang dilakukan pak Sigit saya yakin bisa menekan itu, karena melalui elektronik itu, tapi harus ada perubahan perubahan mindset polisi yang dibawah, yang di lapangan," tuturnya.

Menurutnya, Sigit ingin sikap polisi ke depan lebih humanis dan merakyat. Kata dia, hukum memang harus ditegakkan, tapi keadilan untuk masyarakat juga harus dipenuhi.

"Saya kira bagus ya yang dipaparkan Pak Sigit, posisi ke depan seperti apa, bahkan (hukum) jangan tajam kebawah tumpul ke atas, kalimat itu kan luar biasa, tapi implementasi nya harus kita lihat apakah bisa seperti itu, tapi paling tidak apa yang disampaikan Pak Sigit visi misi nya bagus, polisi kedepan harus seperti itu," ucapnya.

Meksi begitu, bekas Jubir Presiden ini menilai, citra polisi sekarang sudah mulai membaik. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Sekarang jauh lebih baik lah polisi menurut saya, lebih baik itu kalau kita lihat ukurannya survei, dulu kan dukungan publik ke polisi itu rendah sekali, tapi 5-6 tahun ini naik dukungan publik ke polisi," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Calon kapolri Komjen Listyo...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini