Dukun-dukun ini disebut punya banyak klien politisi

Selasa, 17 September 2013 10:06 Reporter : Iqbal Fadil
Dukun-dukun ini disebut punya banyak klien politisi Iklan dukun politik. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Jelang Pemilu 2014, sejumlah orang menawarkan jasa bagi para caleg yang ingin sukses melenggang ke kursi wakil rakyat. Tarifnya pun beragam, dari ratusan juta hingga triliunan rupiah.

Seperti yang ditawarkan Dr KH Desembrian Rosyady S.Ag, SH, SE, MM, MBA. Dia memberi garansi bagi para caleg dari tingkat kabupaten/kota hingga DPR RI bisa terpilih. Demikian juga bagi para calon kepala daerah yang berminat, hingga calon presiden.

Praktik klenik atau mistis dalam politik bukan hal baru di Indonesia. Banyak cerita soal kesaktian atau lelaku ritual yang dilakukan oleh pemimpin sejak dulu. Presiden Soeharto misalnya, saat masih muda kerap melakukan ritual bertapa dan mengoleksi benda-benda pusaka. Presiden Soekarno pun demikian. Banyak benda sakti atau mustika yang dikaitkan dengan sang proklamator.

Profesi paranormal yang menawarkan jasa terkait kesuksesan di bidang politik banyak dilakukan. Mereka juga sering disebut dukun politik atau konsultan spiritual. Banyak klien mereka yang berasal dari kalangan politisi dan kepala daerah. Lebih banyak lagi, orang-orang yang berhasrat mendapatkan jabatan.

Siapa saja para dukun politik yang disebut-sebut memiliki klien politisi?

2 dari 5 halaman

Ki Gendeng Pamungkas

pamungkas rev2

Ki Gendeng Pamungkas, paranormal asal Bogor ini pernah heboh dengan klaim dia telah menyantet Presiden AS George W Bush ketika berkunjung ke Jakarta.

Ki Gendeng yang bernama asli Iman Santoso itu juga dikenal menawarkan jasa bagi para politisi. Sejumlah kliennya merupakan pejabat namun dia enggan mengungkapkan identitas mereka.

3 dari 5 halaman

Permadi

dukun-dukun ini disebut punya banyak klien politisi

Pemilik nama lengkap Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Permadi Satrio Wiwoho ini sebenarnya tidak berpraktik sebagai paranormal. Sebagai pengagum Bung Karno Permadi terjun ke politik ketika menjadi anggota DPR dari PDI Perjuangan pada tahun 1999.

Permadi mengaku memang mendalami ilmu kebatinan dan juga mengoleksi benda-benda pusaka. Meski tidak pernah mengungkapkan kliennya, Permadi termasuk dikenal luas dalam pergaulan di antara politisi.

4 dari 5 halaman

Apih

dukun-dukun ini disebut punya banyak klien politisiRumah Apih. merdeka.com

Meski jarang muncul dalam pemberitaan, di Cilebut Bogor, ada seorang paranormal yang dikenal memiliki kesaktian. Raden Surya Kencana Diningrat alias Kiai Haji Cholik Soetardjo, namun lebih dikenal dengan sebutan Apih.

Kliennya mulai dari rakyat biasa hingga artis dan pejabat. Apalagi menjelang pemilihan umum 2014. Banyak kepala daerah hingga mantan capres yang pernah datang ke kediamannya.

5 dari 5 halaman

Ki Joko Bodo

bodo rev2

Ki Joko Bodo sudah lama dikenal publik sebagai salah satu paranormal papan atas. Banyak kliennya juga berasal dari kalangan pejabat dan politisi.

Pria bernama asli Agung Yulianto itu belakangan kerap tampil di acara lawak bahkan menyanyi bersama grupnya.

Baca juga:
'Dukun politik bertentangan dengan iman dan akal sehat'
Ahok sebut dukun politik subur kalau banyak orang bego
Marzuki Alie: Dosa pergi ke dukun politik tak diampuni
Ini tempat praktik dukun politik bergaransi caleg langsung jadi
Tarif dukun politik dari Rp 100 juta sampai Rp 1 triliun

[bal]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Dukun Politik
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini