KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

DPT Pemilu 2014, KPU minta sinkronisasi melalui e-KTP

Senin, 23 Juli 2012 19:59 Reporter : Yulistyo Pratomo
Napi LP Cipinang nyoblos. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Data Pemilih Tetap (DPT) kerap menjadi permasalahan setiap kali pelaksanaan pemilihan umum di seluruh daerah maupun secara nasional. Guna menghindari permasalahan yang sama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada pemerintah untuk melakukan sinkronisasi data pemilih melalui program e-KTP.

"e-KTP masalah pemerintah dan KPU tidak bersingungan karena dalam undang-undang tidak disebut-sebut, jadi kita minta datanya lebih akurat. Ada dua bulan waktu kita dengan pemerintah, mulai 9 Desember 2012 sampai 9 Februari 2013 kita akan sinkronisasi datanya, yang mereka miliki juga yang kita miliki," ujar Ketua KPU Husni Kamil di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (23/7).

Permintaan sinkronisasi itu mendapat dukungan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Gamawan berjanji akan memberikan data-data yang diminta oleh KPU, terutama data kependudukan yang sudah terekam di dalam e-KTP.

"Mereka akan memberi data terbaik yang mereka miliki. Mungkin e-KTP sebagai sumber utamanya, tapi kan belum semua penduduk Indonesia yang terekam dalam e-KTP," ungkapnya.

Tahapan verifikasi data akan akan segera di lakukan paling lambat pada 9 Agustus 2012, sedangkan waktu menuju Pemilu 2014 masih memiliki waktu selama 22 bulan. Sementara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan, pelaksanaan Pemilu 2014 nanti diperkirakan akan berbeda dibandingkan pemilu sebelumnya.

"Menurut Presiden karena beliau tidak mencalonkan lagi dan semua kontestannya semua baru dan semua berjuang untuk menang. Dan prediksi beliau ini yang akan menyebabkan akan menyebabkan konflik dan sebagainya, dan KPU diminta untuk mengelola pemilunya dengan baik," kata dia. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.