DPR Tunggu Surat Jokowi soal Calon Kapolri

Senin, 11 Januari 2021 10:54 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Tunggu Surat Jokowi soal Calon Kapolri Sidang Paripurna 2020. ©2020 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Istana belum mengirimkan surat presiden (Surpres) terkait nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menyebut, Presiden Joko Widodo bisa mengirimkan nama pada 11 Januari 2021 yaitu pada hari ini.

"Sampai hari ini DPR belum menerima surat dari presiden mengenai calon Kapolri," ujar Dasco kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (11/12).

Ketua Harian Gerindra ini menuturkan, DPR belum mendapatkan informasi kapan calon Kapolri diajukan pemerintah ke DPR untuk uji kelayakan dan kepatutan. Dasco menyebut, akan ada batas waktu hingga Kapolri pensiun. Idham diketahui akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

"Sampai saat ini kita belum menerima info, tapi tentunya presiden akan menghitung mengenai persyaratan surat harus masuk sebelum batas waktu Kapolri yang sekarang pensiun, itu ada aturannya berapa hari," ucapnya.

DPR hanya dalam posisi menunggu kabar dari Istana kapan surat presiden itu akan diserahkan. Dasco meyakini, surat itu akan datang sebelum jatuh tempo.

"Tentunya kami dalam posisi menunggu saja dan apabila surat tersebut sudah sampai tentunya kami akan melakukan proses sesuai mekanisme yang berlaku," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini