DPR Tolak Seluruh Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Mei 2019 16:27 Reporter : Sania Mashabi
DPR Tolak Seluruh Calon Hakim Agung Pengesahan RUU Kerjasama Bidang Pertahanan. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Komisi III DPR telah mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Hakim Agung. Hasilnya, keempat calon yang mengikuti uji kepatutan tersebut ditolak seluruhnya oleh DPR.

"Tujuh fraksi menolak seluruhnya, satu fraksi menerima seluruhnya, dua fraksi menerima satu orang, Dr Sartono. Karena itu, sesuai dengan ini kan sudah dimusyawarahkan, apabila tidak sependapat, diambil dengan suara terbanyak. Suara terbanyak tujuh fraksi menolak seluruhnya," kata Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (21/5).

Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Ranik pun mengungkap alasan mengapa para calon hakim itu tidak diterima. Menurut dia, para hakim dinilai tidak memenuhi syarat.

"Salah satu calon, saya kasih contoh, bicara tentang, ketika kami dalami kenapa memutus perkara pidana pemerkosaan terhadap anak kandung di hukuman pidana hanya 10 tahun, beliau calon tersebut menyatakan orang itu hanya 'memakan' anaknya. Bahasa 'memakan' itu. Menurut kami itu sangat tidak pantas dan perkara pemerkosaan terhadap anak kandung itu bukan perkara makan minum," ujar Erma.

Erma sendiri kecewa dengan Komisi Yudisial memberikan calon hakim agung yang seperti itu. Dia pun berharap, Komisi Yudisial bisa mengirim calon hakim yang lebih baik lagi.

"Dan kami berharap lain kali yang dikirim Komisi Yudisial jauh lebih baik lagi kualitasnya. Sehingga kita dengan firm bisa memutuskan dan menyetujui hakim agung yang dikirim. Kalau sekarang kita sama sekali tidak firm untuk menyetujuinya, karena memang sangat tidak meyakinkan," ucapnya.

Diketahui, ada empat calon hakim agung yang mengikuti fit and proper test. Diantaranya Ridwan Mansyur dan Matheus Samiaji untuk kamar perdata, kemudian Cholidul Azhar untuk kamar agama dan Sartono untuk kamar TUN. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Seleksi Hakim Agung
  2. DPR
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini