DPR: PSBB di DKI Harus Diikuti Tindakan Tegas

Kamis, 10 September 2020 09:53 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR: PSBB di DKI Harus Diikuti Tindakan Tegas Anies Baswedan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Anggota Komisi IX Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total. Kebijakan itu akan dimulai pada 14 September 2020.

Dia berharap dengan kembali ditetapkan PSBB akan mengurangi penyebaran virus Covid-19 secara signifikan. Saleh juga mendorong warga untuk disiplin menaati aturan PSBB.

"Status PSBB ini harus diikuti dengan tindakan tegas. Kedisiplinan warga harus ditingkatkan. Tidak boleh hanya sebagian yang taat, sebagian lain tidak. Partisipasi seluruh masyarakat sangat menentukan keberhasilan penetapan status PSBB total ini," ujar Saleh kepada wartawan, Kamis (10/9).

Menurut Saleh, langkah pemerintah provinsi DKI Jakarta ini perlu dipertimbangkan diikuti di daerah lain. Terutama di zona merah. Sebab, pemerintah perlu membatasi mobilitas masyarakat agar tidak ada lagi penyebaran virus corona dari satu daerah ke daerah lain.

"Indonesia sedang dipantau dunia internasional. Sudah 59 negara yang melarang kita untuk berkunjung. Tentu ini pekerjaan besar untuk memulihkan kondisi agar kembali seperti semula," ucap Plh Ketua Fraksi PAN ini.

Meski begitu, Saleh mengakui penetapan PSBB memiliki konsekuensi pada kegiatan ekonomi masyarakat. Terutama masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah paling berdampak. Pemerintah provinsi DKI Jakarta perlu memberikan bantuan sosial dengan tepat sasaran.

"Bisa saja, pemerintah DKI kembali memberikan bantuan sosial lagi. Kali ini, harus diberikan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. Bantuannya harus tepat sasaran," ucap Saleh.

Baca Selanjutnya: Pemprov DKI menarik rem darurat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini