DPR Lantik Pengganti Tersangka Kasus PLTU Riau Eni Saragih

Rabu, 21 November 2018 11:37 Reporter : Sania Mashabi
DPR Lantik Pengganti Tersangka Kasus PLTU Riau Eni Saragih Rapat paripurna RUU APBN 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar Rapat Paripurna ke-8 pembukaan masa sidang II Tahun Sidang 2018-2019 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11). Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Dalam rapat itu, DPR juga melantik Eddy Kuntadi sebagai anggota DPR. Eddy menggantikan posisi Wakil Ketua Komisi VII dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap PLTU Riau I oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Eddy Kuntadi menggantikan Eni Maulani Saragih dari Fraksi Partai Golkar," kata Fahri di dalam Rapat Paripurna, Rabu (21/11).

Selanjutnya, Eddy langsung diambil sumpahnya secara Agama Islam dipimpin oleh rohaniawan dan Ketua DPR Bambang Soesatyo. Setelah diambil sumpahnya para pimpinan DPR mengucapkan selamat pada Eddy. Mereka berharap Eddy bisa ikut memperkuat lembaga parlemen.

"Semoga bisa memperkuat tugas-tugas konstitusional," ujar Fahri.

Dalam kasus PLTU Riau I, KPK baru menjerat tiga orang tersangka, yakni Eni Maulani Saragih, pemilik Blackgold Natural Resources Limited Johanes Budisutrino Kotjo, dan mantan Sekjen Golkar Idrus Marham. Idrus diduga secara bersama-sama dengan Eni menerima hadiah atau janji dari Johanes terkait kasus ini.

Idrus disebut berperan sebagai pihak yang membantu meloloskan Blackgold untuk menggarap proyek PLTU Riau-1. Mantan Sekjen Golkar itu dijanjikan uang USD 1,5 juga oleh Johanes jika Johanes berhasil menggarap proyek senilai USD 900 juta itu.

Proyek PLTU Riau-I sendiri masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt yang rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini