DPR dan Pemerintah Buka Forum Lobi Putuskan Pengesahan RUU Pemasyarakatan

Selasa, 24 September 2019 12:37 Reporter : Sania Mashabi
DPR dan Pemerintah Buka Forum Lobi Putuskan Pengesahan RUU Pemasyarakatan Sidang Paripurna DPR Mengesahkan RUU KPK Dihiasi Bangku Kosong. ©2019 Liputan6.com/JohanTallo

Merdeka.com - DPR dan Pemerintah belum sepakat untuk mengesahkan RUU Pemasyarakatan menjadi Undang-undang dalam Rapat Paripurna, Selasa (24/9). Saat ini, seluruh fraksi dan pemerintah sedang melakukan lobi untuk mengambil keputusan apakah RUU tersebut disahkan hari ini atau ditunda.

"Berdasarkan surat tanggal 24 September 2019 perihal penundaan rapat paripurna pembahasan RUU tentang pemasyarakatan. Kita juga mendengar pernyataan Presiden melalui media massa mengenai hal sejenis. Sehubungan dengan itu kami mohon persetujuan sebelum mendengarkan laporan Komisi III terhadap hasil pembicaraan tingkat I tentang RUU Pemasyarakatan," kata Pimpinan Rapat Paripurna sekaligus Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Selasa (24/9).

"Kami mengusulkan agar diadakan forum lobi untuk mendengar pandangan pemerintah dan memutuskan jadwal selanjutnya, dapat disetujui?" sambungnya.

"Setuju," jawab peserta rapat.

Fahri menjelaskan juga dalam rapat bahwa awalnya DPR akan mengesahkan RUU Pemasyarakatan. Namun, karena ada surat dari Presiden Joko Widodo yang meminta pengesahan itu ditunda.

"Sebelumnya pimpinan telah menerima surat Menkum HAM yang ada hari ini hadir di tengah kita," ucapnya [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini