DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19

Kamis, 9 April 2020 14:16 Reporter : Ahda Bayhaqi
DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19 Rapat Paripurna Penetapan Pimpinan DPR 2019-2024. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meluncurkan Satgas Lawan Covid-19 untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan virus corona di daerah. Satgas itu terdiri dari para anggota DPR lintas fraksi.

"Tujuan dibentuknya satgas ini adalah menyambungkan pengusaha lokal atau donatur lokal untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah tersebut," ujar Wakil Ketua DPR dan Koordinator Satgas Sufmi Dasco Ahmad saat peluncuran di Gedung DPR, Kamis (9/4).

Dasco mengatakan, Satgas tidak menggunakan anggaran DPR. Melainkan iuran anggota DPR dan sumbangan anggota DPR untuk membantu di daerah-daerah.

"Pembentukan satgas ini tidak menggunakan anggaran dari DPR, tetapi memakai anggaran iuran dari anggota DPR," kata Dasco.

Satgas bekerja dengan mengumpulkan donasi dari para donatur dan pengusaha daerah melalui situs satgaslawancovid19.com. Situs itu akan terhubung dengan 682 rumah sakit rujukan pemerintah dan puskesmas.

RS dan Puskesmas yang membutuhkan alat kesehatan minimal untuk tiga bulan ke depan dapat mengisi form melalui situs dan aplikasi yang terintegrasi dengan milik Kementerian Kesehatan.

"Website yang terintegrasi dengan aplikasi Kemenkes tujuannya untuk memudahkan kontrol barang-barang yang telah terpenuhi," kata Dasco.

Para donatur maupun pengusaha lokal yang ingin menyumbang tinggal masuk ke situs tersebut untuk melihat kebutuhan RS dan Puskesmas di domisilinya masing-masing. Donasi tak menerima uang tunai, hanya berupa alat kesehatan, masker, alat pelindung diri, ventilator dan alat pendukung medis lainnya.

Satgas ini berfungsi untuk membypass mata rantai birokrasi agar bantuan dapat diserahkan tepat sasaran. Distribusi akan dipantau Satgas Lawan Covid melalui satuan kerja di daerah.

"Satgas ini akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait, khususnya kemenkes dan BNPB," kata Dasco.

1 dari 1 halaman

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, Satgas ini dibentuk oleh anggota DPR karena selain memiliki tugas konstitusional sebagai legislator, mempunyai tanggung jawab sosial.

Dia mengatakan, Satgas Lawan Covid-19 akan membantu pemerintah mempercepat penanganan di setiap daerah. Politikus PDIP itu meminta anggota DPR turut bekerjasama melalui Satgas tersebut.

"Kami berharap melalui satgas ini anggota DPR dapat ikut memperkuat kerja bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19, memperkuat upaya penanganan kesehatan terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19, dan membantu masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi," kata Puan. [ray]

Baca juga:
PAN Minta Pemerintah Dengar Saran SBY Agar Perppu Corona Tak Langgar Konstitusi
Perppu Corona: Pemerintah Punya Kewenangan Suntik Modal LPS
Keluh Masyarakat Tarif BPJS Kesehatan Yang Belum Kunjung Turun di Tengah Pandemi
CEK FAKTA: Hoaks Presiden Donald Trump di Ruqyah Karena Stres Hadapi Corona
Menengok Pembangunan RS Darurat ODP Covid-19 di Tangsel

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini