DPR Belum Terima Surat Usulan Pengganti Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN

Rabu, 21 November 2018 12:11 Reporter : Sania Mashabi
DPR Belum Terima Surat Usulan Pengganti Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN SEMINAR LOKAKARYA KARTINI DI ERA DIGITAL. ©Liputan6.com/Johan Oktavianus

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan Fraksi PAN belum menyerahkan nama pengganti Taufik Kurniawan untuk mengisi jabatan Wakil Ketua DPR. Padahal, sudah hampir satu bulan Taufik ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kabupaten Kebumen dalam APBN Tahun 2016 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sampai hari ini saya belum menerima atau kami pimpinan belum menerima secarik surat pun dari Fraksi PAN," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan pimpinan DPR hanya akan menunggu surat yanh masuk dari Fraksi PAN DPR. Sebab, Taufik adalah anggota Fraksi PAN.

"Posisi kami adalah posisi yang menunggu karena sepenuhnya adalah kewenangan dari fraksi PAN," ungkapnya.

Bamsoet juga enggan berkomentar lebih banyak lagi terkait pengaruh dari belum dilantiknya pengganti Taufik. Dia hanya menyerahkan sepenuhnya pada Fraksi PAN.

"(Menganggu kinerja DPR?) Tanyanya lebih tepat ke Fraksi PAN," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional Yandri Susanto mengatakan partainya telah menetapkan satu nama pengganti Taufik Kurniawan sebagai wakil ketua DPR. Penggantian itu menyusul ditetapkan Taufik sebagai tersangka dan ditahan dalam kasus dugaan tindak pidanakorupsi terkait DAK untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Namun Yandri enggan menyebutkan sosok pengganti Taufik. Dia tak ingin mendahului Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Posisi Taufik Kurniawan untuk penggantinya sudah ada satu nama. Jadi di internal kami sudah mufakat untuk pengganti Taufik tinggal dikirim ke pimpinan DPR," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/11). [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini