DKPP Minta Penyelenggara Pemilu Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 18 September 2020 12:37 Reporter : Arie Sunaryo
DKPP Minta Penyelenggara Pemilu Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan Mantan Sesmenpora Alfitra Salamm. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), Alfitra Salamm berpesan agar penyelenggara pemilu betul-betul disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Apalagi, Pilkada kali ini memiliki tingkat kerawanan yang tinggi dalam aspek kesehatan.

"Peningkatan disiplin kerja dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 ini sangat penting. Akan tetapi di luar sana yang masih banyak yang tidak tertib," ujar Alfitra seusai memimpin Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Kode Etik di Kantor KPU Kota Solo, pada Kamis (17/9) malam.

Ia beranggapan, kurang tersosialisasinya Inpres No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Pengendalian Covid-19 diperburuk dengan nihilnya instruksi dari Bupati atau Walikota.

Padahal, lanjut dia, Inpres 6/2020, seharusnya ditindaklanjuti kepala daerah dengan membuat aturan turunan yang diberlakukan di daerahnya. Namun, menurutnya, hal ini tidak berjalan.

"Sehingga peraturan pusat tidak tersosialisasikan,” jelasnya.

Untuk diketahui, forum ini diadakan untuk membahas kesiapan sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu untuk perkara nomor 87-PKE-DKPP/IX/2020 yang akan dilaksanakan pada Jumat (18/9).

Kepada peserta forum, Alfitra juga menegaskan bahwa sidang DKPP akan digelar sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Untuk diketahui, DKPP telah menetapkan kebijakan agar semua pihak yang hadir dalam sidang untuk menjalani rapid test sebelum sidang dimulai. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pilkada Serentak 2020
  3. DKPP
  4. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini