DKPP Minta KPU-Bawaslu Pahami Regulasi Pemilu, Tak Boleh Kalah Pintar dengan Timses

Selasa, 17 November 2020 18:33 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
DKPP Minta KPU-Bawaslu Pahami Regulasi Pemilu, Tak Boleh Kalah Pintar dengan Timses DKPP. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Muhammad Alhamid meminta penyelenggara Pemilu lebih cerdas dibanding pihak pasangan calon di Pilkada 2020. Dia tak ingin penyelenggara pemilu di akal-akali oleh timses paslon.

"Tidak boleh ada alasan KPU Bawaslu tidak lebih pintar dari pada pemain, KPU Bawaslu kan wasit Pemilu, kalau wasit yang tidak lebih cerdas dari pada pemain itu pasti pertandingannya kacau," kata Alhamid dalam diskusi potensi dan jalan keluar dari kerawanan Pilkada 2020, Selasa (17/11).

Maka dari itu, Alhamid mengimbau penyelenggara Pemilu wajib profesional dan menguasai aturan Pemilu. Tidak boleh pemahaman regulasinya lebih mudah di goncang dibanding pasangan calon tim sukses.

"Ini tim sukses hebat hebat loh, lawyer-lawyernya kelas satu semua dibayar mahal, sarapan paginya adalah peraturan KPU, peraturan Bawaslu, jadi kalau Anda lemah dalam aturan regulasi Anda bisa dipatahkan," ujarnya.

Alhamid meminta penyelenggara Pemilu menguasai regulasi secara menyeluruh. Tidak sepotong-potong atau pilih-pilih halaman seperti membaca koran.

"Jadi penguasaan regulasi, Anda mesti firm dengan regulasi itu, kuasai secara Kaffah dalam bahasa agama, enggak boleh sepotong potong, cara Anda memahami peraturan undang-undang Pilkada, peraturan Bawaslu, peraturan DKPP dan peraturan yang relevan tidak boleh Anda seperti membaca koran di pesawat," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini