Diusulkan Cawapres, Erick Thohir: Itu Mekanisme Politisi, Saya Bukan Orang Partai

Senin, 5 Desember 2022 17:56 Reporter : Alma Fikhasari
Diusulkan Cawapres, Erick Thohir: Itu Mekanisme Politisi, Saya Bukan Orang Partai Zulhas, Ganjar, dan Erick Thohir hadiri peluncuran Bacaleg PAN se-Jateng. ©Istimewa

Merdeka.com - Nama Menteri Erick Thohir mencuat usai diusulkan DPW PAN Jawa Tengah sebagai calon wakil presiden (cawapres). Bahkan, Erick pun disandingkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk di Pilpres 2024.

Menanggapi usulan tersebut, Erick mengatakan, jika usulan tersebut muncul karena mekanisme politik. Sementara dirinya bukanlah orang yang kecimpung di dunia politik, sehingga dirinya akan fokus bekerja sebagai Menteri BUMN.

"Kan mekanisme dari pada presiden dan wapres itu politis, saya bukan orang partai saya masih fokus bekerja untuk BUMN," kata Erick, saat diwawancarai di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/12).

Dia menegaskan, saat ini dirinya tidak akan memikirkan perihal usulannya sebagai cawapres untuk 2024. Karena proses tersebut masih sangat panjang.

"Tapi kalau mekanisme konsolidasi partai dan saya rasa masih panjang lah prosesnya. Tapi jangan tiba-tiba dengan hal-hal seperti ini justru out of focus jadi kerjaan utama tidak bisa jalan," ucapnya.

Oleh karena itu, dia menekankan agar permasalahan dirinya diusulkan sebagai cawapres tidak perlu dibahas saat ini.

"Semua itu asumsi-asumi terlalu dini," imbuh Erick.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi pasangan yang paling banyak diusulkan kader PAN di seluruh Indonesia.

Terbaru, ucap Zulhas, dukungan ini datang dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jawa Tengah (Jateng) yang mendorong pasangan Ganjar-Erick maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Tadi Pak Ganjar diusung capres kepada DPP PAN. Cawapresnya Pak Erick yang sudah sehari-hari sama saya, paling nyantol," ujar Zulhas usai menghadiri launching bacalon oleh DPW PAN Jawa Tengah di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12).

Zulhas menyampaikan pasangan Ganjar-Erick menjadi favorit bagi seluruh kader PAN di Tanah Air. Dia menyebut dukungan serupa juga telah disampaikan sejumlah DPW PAN lainnya.

Baca juga:
Politikus PKB: Akan Ada Langkah Serius Jokowi Lihat Semua Capres Tak Capai 30%
Anies Salip Prabowo di Survei, Gerindra: Baru Pemanasan, yang Lain Sudah Lari Kencang
CEK FAKTA: Hoaks Foto Megawati Mendukung Ganjar di Pilres 2024
PKS ke Gerindra: 2014-2019 Kami Pernah Dukung Prabowo, Pemilu 2024 saatnya Bergantian
Isu Rujuk dengan PKS, Gerindra: Kami Tidak Pernah Cerai, Masih Sering Komunikasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini