Ditentukan Lewat Musyawarah, Capres KIB yang Dipilih Tak Memecah Belah Koalisi

Kamis, 11 Agustus 2022 18:49 Reporter : Ahda Bayhaqi
Ditentukan Lewat Musyawarah, Capres KIB yang Dipilih Tak Memecah Belah Koalisi viva yoga mauladi. ©2022 Merdeka.com/antara

Merdeka.com - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi memastikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan memutuskan calon presiden dan calon wakil presiden secara musyawarah. Tidak melalui mekanisme voting atau pemungutan suara terbanyak.

"Soal penentuan pasangan calon di Pilpres 2024, di KIB itu akan ditetapkan secara musyawarah, aklamasi, tidak voting," ujar Viva dalam diskusi daring, Kamis (10/8).

Calon presiden dan calon wakil presiden yang dipilih pun dicari yang tidak menjadi pemecah belah KIB. Calon yang ditetapkan menyatukan koalisi.

"Penentuannya itu siapa yang akan ditetapkan nanti tidak menjadi faktor pemecah belah koalisi," ujar Viva.

Untuk itu, Golkar, PPP dan PAN akan melakukan konsolidasi bersama untuk menyusun platform koalisi pada 14 Agustus mendatang.

"KIB ini santai saja, tidak akan menjadi faktor pemecah belah siapapun yang nanti akan diusung pasangan calon untuk didaftarkan di KPU nanti," papar Viva.

2 dari 2 halaman

KIB Konsolidasi di Surabaya

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar konsolidasi kedua di Surabaya, Jawa Timur, pada (14/8). Acara tersebut akan menyampaikan visi misi dari tiga partai politik (parpol) koalisi. Yakni Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Visi misi ini sebagai platform yang akan dijadikan dasar perjuangan KIB,” kata Lamhot saat dihubungi wartawan, Kamis (11/8).

Lamhot mengatakan, KIB tidak hanya semata mengusung capres. Tapi yang paling mendasar, bagaimana visi misi yang akan diperjuangkan. [gil]

Baca juga:
KIB Konsolidasi di Surabaya, Golkar: Bahas Visi Misi Lanjutkan Program Jokowi
Usung Airlangga Jadi Capres, Golkar Bakal Rundingkan dengan PPP dan PAN
KIB Sodorkan Kontrak Politik bagi Tokoh Eksternal Maju Capres, Ini Isinya
Golkar Beri Sinyal PSI dan Perindo Gabung KIB
KPU Nyatakan Dokumen Partai Koalisi Indonesia Bersatu Lengkap
PPP Ungkap Capres Potensial KIB: Ada dari Kabinet hingga Kepala Daerah
Kekompakan KIB akan Diuji Jelang Pendaftaran Capres Pilpres 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini